Airlangga Bahas Pergantian Ketua DPR di Fraksi Golkar

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:32 WIB
partai golkar
Airlangga Bahas Pergantian Ketua DPR di Fraksi Golkar
Ketum Golkar Airlangga Hartarto/MI/Adam Dwi

Jakarta: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan memimpin pleno Fraksi Partai Golkar di Kompleks Parlemen. Salah satu agenda membahas pengganti Setya Novanto sebagai ketua DPR.

"Posisi ketua DPR adalah anggota fraksi. Oleh karena itu pembicaraan awal dibicarakan di fraksi. Bahan yang akan dibawa di DPP bahan-bahan semua diskusi yang dilahirkan dari rapat fraksi," kata anggota Fraksi Partai Golkar Zainuddin Amali di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018.

Pleno juga akan digunakan sebagai momentum pemberian arahan dari Airlangga. Program kerja partai juga menjadi fokus utama pleno.

Sebelumnya, Airlangga memastikan nama ketua DPR diumumkan sesaat setelah pleno."Kita akan rapat fraksi besok (hari ini), diumumkan setelah rapat fraksi," kata Airlangga, Rabu, 10 Januari 2018.

Pergantian Ketua DPR tak harus menunggu pembahasan revisi UU MPR, DPR, DPD, DPRD (MD3) rampung. Revisi UU MD3 hingga kini masih dalam tahap finalisasi dan perdebatan antarfraksi masih alot.

"Tidak harus menunggu revisi. Kita akan sampaikan minggu depan," ujar Airlangga.

Airlangga juga menyatakan sosok ketua DPR tak jauh dari perkiraan nama-nama yang selama ini digadang-gadang di media. Sebelumnya, tiga nama mencuat, yakni Bambang Soesatyo, Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Zainuddin Amali.


(OJE)