Pansus Angket KPK belum Beranggota

Dheri Agriesta    •    Kamis, 18 May 2017 16:54 WIB
angket kpk
Pansus Angket KPK belum Beranggota
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan--MI/Mohamad Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Rapat pengganti Badan Musyawarah DPR baru selesai digelar. Hingga rapat tuntas, belum ada satu pun fraksi yang mengirimkan nama untuk pansus hak angket Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Ternyata sampai rapat Bamus dilaksanakan belum ada fraksi yang mengusulkan nama sebagai anggota pansus angket KPK," kata Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis 18 Mei 2017.

Baca: Alasan Gerindra Kirim Perwakilan Bahas Hak Angket KPK

Taufik mengatakan, Fraksi PKS sudah tegas menolak angket KPK. Fraksi PKS dipastikan tak akan mengirimkan nama.

Selain PKS, sikap fraksi lain masih mengambang. Sebagian besar pimpinan fraksi bahkan meminta pembahasan ditunda hingga rapat Bamus berikutnya. "Sambil menunggu seluruh fraksi menyampaikan usulan nama," kata Taufik.

Baca: Pimpinan DPR Tunggu Kepastian Fraksi

Taufik berharap, seluruh fraksi telah menyetorkan nama perwakilan mereka pada rapat Bamus berikutnya. Pada rapat Bamus, tata tertib pun dibacakan dan didengarkan seluruh pimpinan fraksi.

"Semuanya terbuka, mekanisme, prosedural, konstitusional, bahwa sesuai ketentuan dalam tatib itu bahwa pansus angket harus diikuti oleh semua unsur fraksi," jelas Taufik.

Sehingga, lanjutnya, ini menjadi bahan pertimbangan bagi seluruh pimpinan fraksi untuk menunjukkan sikap. Terkait kesepakatan yang sudah disetujui untuk dibahas dalam rapat pengganti bamus berikutnya.


(YDH)