Pilkada Serentak 2017

PDIP Resmi Calonkan Ahok-Djarot

Intan fauzi, Damar Iradat    •    Selasa, 20 Sep 2016 21:07 WIB
pilgub dki 2017
PDIP Resmi Calonkan Ahok-Djarot
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Wakilnya Djarot Saiful Hidayat. Foto: MI/Arya.

Metrotvnews.com, Jakarta: PDI Perjuangan resmi memutuskan kembali mengusung pasangan petahana Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Keputusan ini mengakhiri spekulasi dan teka-teki selama ini siapa sebenarnya yang diusung partai banteng moncong putih di Ibu Kota.
 
Keputusan ini diumumkan di kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016) malam. Pasangan Ahok-Djarot merupakan satu dari 101 calon kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan untuk bertarung di Pilkada serentak Februari 2017.
 
"Tamu kita yang ditunggu teman-teman pers, calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, dan sebagai calon wakil gubernur adalah Djarot Saiful Hidayat," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Hasto membacakan satu per satu pasangan calon yang diusung partai.


 
Ahok dan Djarot turut menghadiri deklarasi malam ini. Hadir pula bakal calon petahana gubernur Banten Rano Karno, bakal calon gubernur Gorontalo Hana Hasanah Fadel Muhammad (istri Fadel Muhammad) dan sejumlah bakal calon lainnya. Para bakal calon ini akan didaftarkan ke KPU masing-masing pada Rabu (21/9/2016) besok.
 
Sebelum ini, Ahok sudah mengantongi dukungan dari Partai Golkar, Hanura, dan NasDem. Dengan dukungan empat partai, pasangan ini mengantongi 52 kursi DPRD DKI. Adapun syarat untuk mendaftar ke KPU hanya 22 kursi.
 
Pengumuman ini juga memastikan sudah ada satu pasangan bakal calon yang bakal bertarung di Pilgub DKI 2017. Kini tinggal Gerindra, Demokrat, PPP, PKB, PAN, dan PKS yang belum mempunyai bakal calon ataupun koalisi definitif. Tak ada satu pun dari enam partain itu yang mengantongi cukup kursi untuk mengusung calon sendiri.
 
 
(FZN)

Video /