Sosok Cawagub Khofifah yang Diimpikan NasDem

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 13 Oct 2017 15:54 WIB
pilgub jatim 2018
Sosok Cawagub Khofifah yang Diimpikan NasDem
Sekjen Partai NasDem Johnny Plate. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem mempercayakan sepenuhnya kepada Khofifah Indar Parawansa soal calon wakil gubernur di Pilgub Jatim 2018. Meski demikian, NasDem berharap pendamping yang dipilih Khofifa adalah sosok yang tepat.

"Yang pertama kita harapkan bahwa yang dipilih oleh ibu Khofifah nanti wakil yang betul-betul secara chemistry bisa bekerja sama dengan ibu Khofifah," kata Sekjen Partai NasDem Johnny Plate di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat 13 Oktober 2017.

Kemudian, lanjut Johnny, visi dan misi cawagub harus sama dengan Khofifah. Sosok cawagub itu harus saling melengkapi satu sama lain.

"Terutama wagub yang memberikan efek elektoral yang mendukung ibu Khofifah untuk elektabilitasnya," ucap dia.

Johnny menambahkan, pihaknya merasa terhormat bila Ketua Umum Muslimat NU memilih sosok wakil dari NasDem. Tapi, itu semua tergantung pada Khofifah dan partai politik pendukung lainnya.

"Di Jatim kan sudah 35 kursi DPRD provinsi ya. Di antaranya NasDem, Hanura, Golkar dan Demokrat. Kita sudah sepakat tinggal administrasi sebagaimana biasanya untuk memenuhi syarat ketentuan Undang-undang," kata dia.

Partai NasDem resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Umum NasDem Surya Paloh saat menerima Khofifah di kantor DPP NasDem, Jalan RP Suroso, Gondangdia, Menteng, Kota Jakarta Pusat, Rabu 11 Oktober 2017.

"Secara resmi Partai NasDem memberi dukungan kepada mbak Khofifah untuk maju di Pilgub Tahun 2018 sebagai calon gubernur di Provinsi Jawa Timur," kata Surya di lokasi.

Ia menjelaskan, Khofifah adalah bagian keluarga besar NasDem. Meski berada di luar struktur partai, menurut Surya Paloh, Ketua Umum PP Muslimat NU memiliki hubungan silaturahmi yang cukup panjang dengan NasDem.

NasDem kata Surya, menaruh harapan besar pada Khofifah, terutama menyangkut gerakan perubahan bangsa.

Surya juga mengamanatkan pada Menteri Sosial itu, tak terlalu lama menyiapkan calon Wakil Gubernur. Adapun mengenai koalisi, Surya menyatakan masih menunggu partai lain. Salah satu yang sudah menyampaikan dukungan yakni Golkar.

"Saya yakin Khofifah sosok yang tepat," kata dia.


(MBM)