PDIP Pertimbangkan Tempatkan Puan di Struktur Partai

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 24 Jan 2018 06:10 WIB
kabinet jokowi-jk
PDIP Pertimbangkan Tempatkan Puan di Struktur Partai
Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Foto:MI/Arya

Jakarta: PDI Perjuangan mempertimbangkan menempatkan kembali Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani ke dalam struktur partai. Kebijakan itu muncul setelah Presiden Joko Widodo tak mempermasalahkan menteri rangkap jabatan.
 
"Kalau Pak Jokowi bilang ini tahun politik, menteri (Puan) silakan rangkap jabatan, ya itu hal yang bagus," kata Sekretaris Jendral PDIP Hasto Kristianto, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Selasa, 23 Januari 2018.
 
Hasto memaklumi kebijakan Presiden Jokowi yang melarang menterinya merangkap jabatan di awal masa pemerintahannya. Saat itu, pemerintah fokus pada prioritas percepatan pembangunan ekonomi.

Baca: Mendagri Sebut Rangkap Jabatan tak Perlu Jadi Polemik

"Setelah langkah konsolidasi itu berjalan, pembangunan ekonomi berjalan baik, dan sekarang tahun politik, sekiranya presiden mau memberi kebijakan beri kesempatan bagi menteri-menterinya untuk aktif kembali," jelas Hasto.
 
Namun, PDIP tetap mendukung Presiden Joko Widodo jika melarang menteri rangkap jabatan. Menurut Hasto, tidak ada yang perlu diributkan dengan rangkap jabatan para pembantu presiden. Hal ini wajar ditemui di beberapa negara demokrasi lainnya.
 
"Kami pribadi berpendapat, sebenarnya di negara lain pimpinan partai merangkap pimpinan eksekutif bahkan legislatif, itu hal biasa. Mengapa kita ributkan? Yang penting setara semuanya," katanya.




(FZN)