Fadli Zon Minta BNPT Jadi Koordinator Pemberantasan Terorisme

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 22 May 2018 07:24 WIB
terorismeTeror Bom di SurabayaTeror di Mapolda Riaupenggerebekan di tangerangTangkal Radikalisme
Fadli Zon Minta BNPT Jadi Koordinator Pemberantasan Terorisme
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon. (Foto: MI/Bary Fathahilah).

Jakarta: Wakil Ketua DPR Fadli Zon meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menjadi leading sector dalam pemberantasan terorisme di Indonesia. Hal ini untuk menghindari tumpang tindih kewenangan antara Polri dan TNI pascarevisi UU Terorisme disahkan. 

"Harusnya BNPT kan sudah ada. BNPT ini di situ ada polisi, TNI, ada semua pihak, intelijen, itu kan dimaksudkan untuk badan koordinasinya," kata Fadli di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 21 Mei 2018.

Fadli khawatir pembentukan Koopsusgab justru tumpang tindih dengan satuan khusus antiteror milik Polri, Densus 88. Dari itu, peran BNPT harus diperkuat untuk mengoordinasikan satuan-satuan khusus antiteror yang ada. 

Baca juga: Fadli Zon: Percuma Bentuk Koopsusgab, Teror Masih Terjadi

Menurut Fadli, pembentukan Koopsusgab tidak diperlukan. Seharusnya, satuan-satuan khusus antiteror seperti Satgultor Kopassus, Denjaka, Denbravo, dan Densus 88 berkoordinasi di bawah BNPT. 

"Jadi harusnya BNPT yang diperkuat. Enggak perlu ada institusi-institusi baru. Karena institusi ini akan overlap siapa yang bertanggung jawab. Jadi ini yang menurut saya harus getting institution right. Institusi-institus ini harus tepat," pungkasnya. 

Sebelumnya, Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purna) Moeldoko menyebut Presiden Joko Widodo merestui pembentukan ‎kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) TNI. Pasukan elite ini akan bertugas memberantas terorisme.

"Sudah direstui oleh Presiden dan diresmikan kembali oleh Panglima TNI," kata Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.

Baca juga: Jokowi Restui Pembentukan Pasukan Elite Antiteror TNI

Koopssusgab berisikan pasukan terbaik dari setiap matra di TNI, yakni pasukan khusus terbaik dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Udara, dan Angkatan Laut.


(HUS)