Capres-Cawapres Boleh ke Pesantren, Asal tak Kampanye

Yogi Bayu Aji    •    Kamis, 11 Oct 2018 14:28 WIB
pilpres 2019
Capres-Cawapres Boleh ke Pesantren, Asal tak Kampanye
Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar--Medcom.id/Yogi Bayu Aji.

Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memastikan pesantren tak tabu untuk calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres). Pasangan calon (paslon) pemimpin boleh beraktivitas di pesantren, asal tak kampanye.

"Saat seseorang hadir dan dia lakukan kunjungan biasa atau fungsi-fungsi lain yang tak berhubungan dengan kampanye, itu adalah kegiatan yang menurut kami tak melanggar. Karena menjadi bagian kegiatan sehari-hari yang dilaksanakan seseorang," kata Anggota Bawaslu Fritz Edward Siregar di kantornya, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2018.

Menurut dia, kampanye yang termasuk pelanggaran meliputi penyampaian visi-misi di pesantren. Pembagian barang-barang kampanye di pesantren pun juga dianggap pelanggaran.

Baca: Bawaslu Diminta Adil Menerapkan Larangan Kampanye di Pesantren

Fritz memastikan jajarannya bakal terus mengawasi kegiatan paslon saat turun ke masyarakat. Mereka bakal melihat kegiatan yang diikuti baik kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Untuk saat ini, dia memastikan sampai saat ini belum ada laporan pelanggaran soal kampanye di pesantren. Namun, dia pun meminta para pasangan calon tetap berhati-hati dalam tiap kunjungannya ke pesantren, karena akan mempengaruhi pandangan masyarakat.

"Ada perspektif masyarakat yang melihat berbeda apabila ada paslon yang akan melakukan tindakan seperti itu. Meskipun seacara formil wah ini bukan sebuah kampanye. Tapi, kan secara materil orang perspektifnya beda ketika melihat sebuah kunjungan tersebut," jelas dia.


(YDH)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA