Dekat dengan Taufik Kiemas, Ade Minta Nasihat Megawati

Dheri Agriesta    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:55 WIB
pergantian ketua dpr
Dekat dengan Taufik Kiemas, Ade Minta Nasihat Megawati
Ketua DPR RI Ade Komarudin didampingi politikus PDIP usai bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jl. Teuku Umar, Menteng, Jakpus. Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR Ade Komaruddin tak asing dengan kediaman Megawati Sukarnoputri di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Dia sebelumnya kerap sowan untuk berdiskusi dengan Taufik Kiemas, suami Megawati yang kini sudah almarhum.

"Saya banyak makan malam di sini. Itu penyebab saya gemuk," kenang Akom sapaan Ade usai pertemuan di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

Akom dan Taufik acap membicarakan banyak hal, terutama masalah nasionalisme dan kebangsaan. Taufik tak pernah pilih-pilih teman diskusi karena banyak bergaul dengan berbagai lapisan masyarakat.

"Saya banyak belajar tentang Islam dan nasionalisme kebangsaan (kepada Taufik)," kata Ade.

Kedekatan itu membuat Ade juga akrab dengan Megawati. Nah, karena itu siang tadi dia meminta bertemu dengan Megawati. Akom ingin minta nasihat perihal masalah yang sedang dihadapinya.

"Saya mohon nasihat dari tokoh bangsa ini, Presiden kelima ibu (Megawati), bagaimana saya harusnya. Ini secara pribadi ya, saya sudah punya hubungan cukup lama untuk mendapatkan nasihat dari beliau," kata Ade.

Pertemuan Ade dan Megawati berjalan selama dua jam. Megawati menasihati Ade agar mengikuti aturan yang ada, baik di DPR maupun partai politik. Ade mengaku, Megawati tak pernah mencampuri urusan partai lain terkait pergantian posisi ketua DPR ini.

Rapat pleno DPP Partai Golkar memutuskan mengembalikan Ketua Umum Novanto sebagai orang nomor satu di DPR. Keputusan diambil atas dasar putusan Mahkamah Konstitusi yang mengabulkan gugatan uji materi atau judicial review terkait penafsiran pemufakatan jahat yang diajukan Novanto.

Ketua Harian DPP Partai Golkar Nurdin Halid mengatakan, harkat dan martabat Novanto perlu dijaga dan dikembalikan. Keputusan diklaim sudah bulat.

Pergantian dari Ade ke Novanto diklaim tak akan menimbulkan masalah. Nurdin yakin, sebagai politikus senior Ade pasti taat asas.


(MBM)