Jokowi Minta Masyarakat Tenang Sikapi Situasi Nasional

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 30 Nov 2016 20:15 WIB
unjuk rasa
Jokowi Minta Masyarakat Tenang Sikapi Situasi Nasional
Presiden Jokowi. Foto: Dok/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta masyarakat tetap tenang melihat kondisi politik di Tanah Air yang memanas belakangan ini. Dia meminta masyarakat dan publik beraktivitas seperti biasa.

"Masyarakat ya bekerja sebagaimana biasanya saja," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Kekhawatiran masyarakat muncul terkait rencana ormas Islam berunjuk rasa dan menggelar salat Jumat di sepanjang Jalan Sudirman dan Thamrin pada 2 Desember. Belakangan aksi itu berubah menjadi pergelaran doa dan dipindahkan ke Silang Monumen Nasional (Monas).

Presiden Jokowi mengingatkan, Indonesia merupakan bangsa yang beragam. Dalam setiap kesempatan, Jokowi gencar menggelorakan kepada publik pentingnya menjaga kebhinekaan Nusantara.

Dia meminta publik tunduk pada konstitusi, khususnya melihat timbulnya isu makar. Ada proses politik berupa pemilu yang harus dihormati.

"Pemilihannya sudah melalui tahapan yang panjang, konstitusional. Jadi jangan ada pikiran yang aneh-aneh ke mana-mana," kata dia.

Seperti diketahui, Gerakan Nasional Pangawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) akan kembali mengerahkan massa pada Jumat 2 Desember. Awalnya, GNPF MUF ingin salat Jumat dan orasi di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

Polri menilai kegiatan di jalan protokol akan mengganggu aktivitas warga lain. Akhinya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian bertemu petinggi ormas yang tergabung dalam GNPF MUI, Senin, 28 November

Hadir dalam kesempatan itu tokoh GNPF MUI: Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir, Ketua MUI Ma`ruf Amin, dan ulama Abdullah Gymastiar. Pertemuan ini menyepakati aksi massa pindah ke lapangan Monumen Nasional. Aksi diisi doa bersama, pidato keagamaan, dan salat Jumat. Kapolri berjanji mendukung kelancaran kegiatan ini.


(MBM)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

34 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA