Jokowi Ingin Sumsel Fokus Bangun Infrastruktur Transportasi

Yogi Bayu Aji    •    Selasa, 21 Mar 2017 16:43 WIB
presiden jokowi
Jokowi Ingin Sumsel Fokus Bangun Infrastruktur Transportasi
Presiden Joko Widodo. Foto: MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin fokus pada pembangunan infrastruktur transportasi di daerahnya. Hal ini dibutuhkan untuk memperlancar konektivitas antarwilayah di Sumatera.
 
"Mulai dari jalan tol, jalur kereta api maupun LRT. Ini dibutuhkan untuk menopang pergerakan ekonomi di Sumsel dan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan Asian Games 2018," kata Jokowi dalam rapat terbatas di Kompleks Istana, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 21 Maret 2017.
 
Jokowi ingin pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Api-Api terwujud. Dia yakin pengembangan kawasan ekonomi ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan sekaligus jadi penggerak pertumbuhan ekonomi di Sumsel yang pada 2016 bisa tumbuh 5,03 persen.
 
KEK, kata dia, bisa dikembangkan untuk menampung minat investasi sektor industri pengolahan, mulai dari nikel sampai crude refinery. Atau investasi di industri otomotif elektronik manufaktur.
 
Kepala Negara juga ingin ada penguatan produktivitas sektor pertanian. Pemerintah Provinsi Sumsel diminta memberi perharian pada peningkatan nilai tukar petani. Walau diakui Jokowi industri pengolahan memiliki kontribusi besar dalam perekonomian di Sumsel.
 
"Data yang saya miliki, nilai tukar petani (NTP) selalu berada di bawah 100 dan berkecenderungan menurun. Artinya, harga produk pertanian yang diterima oleh petani lebih rendah dibandingkan harga barang yang dikonsumsi petani. Kita harus kerja keras meningkatkan kesejahteraan petani di Sumsel," ujar Jokowi.


(FZN)