Kedekatan Muhaimin-NU Jadi Daya Jual di Pilpres

   •    Kamis, 04 Jan 2018 00:42 WIB
pilpres 2019
Kedekatan Muhaimin-NU Jadi Daya Jual di Pilpres
Presiden Jokowi (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. Foto: Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.

Jakarta: Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam, berpendapat kedekatan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dengan massa Nahdlatul Ulama (NU) menjadi daya jual di Pilpres 2019. Kedekatan itu diharapkan bisa membuat Joko Widodo yang digadang-gadang maju kembali, mau meminang Muhaimin.

"Cak Imin saya kira sosok anak muda cemerlang dan saya kira juga agamis. Kedekatannya dengan massa NU sangat luar biasa. Itu adalah sesuatu yang memang patut menjadi potensi daya jual untuk digandeng oleh Jokowi," kata Husain, seperti dilansir Antara, Rabu, 3 Januari 2018.

Penilaian Husain ini menyoroti keakraban yang ditunjukkan Presiden Joko Widodo dengan ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu saat peresmian kereta bandara di Jakarta, Selasa, 2 Januari 2017.

"Cak Imin cukup pantas menjadi cawapres Jokowi pada Pemilu 2019. Dari sisi pengalaman organisasi dan pemerintahan sudah mumpuni," kata Husain.

Baca: Pengamat: Kebersamaan Jokowi-Muhaimin Bisa Dimaknai Banyak

Sebelumnya, pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Lili Romli mengatakan kebersamaan antara Jokowi dan Muhaimin bisa dimaknai bermacam-macam.

"Bisa dimaknai karena memang untuk maju dalam pilpres (pemilihan presiden). Pak Jokowi kan belum ada pendampingnya karena tak mungkin sama Pak Jusuf Kalla lagi," kata Lili. 

Ia mengatakan kebersamaan itu juga bisa dimaknai sebagai penjajakan. "Dan itu wajar dilakukan Jokowi karena memang harus mendekati semua tokoh. Apalagi, Muhaimin salah satu tokoh partai berbasis Islam yang selama ini berkoalisi dengan pemerintah," ucapnya.




(UWA)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

53 minutes Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA