KPU Laporkan Persiapan Pileg dan Pilpres

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 11 Jul 2018 13:47 WIB
pilpres 2019pemilu serentak 2019
KPU Laporkan Persiapan Pileg dan Pilpres
Presiden Jokowi menerima kunjungan KPU/Medcom.id/Fikar

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaporkan persiapan Pileg dan Pilpres 2019 kepada Presiden Joko Widodo. Mereka menjelaskan pemuktahiran data pemilih, PPLN di luar negeri, penyiapan proses pendaftaran bakal calon DPD, DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kota, serta pencalonan presiden dan wakil presiden.

"Kami laporkan beberapa hal yang sekarang sedang dihadapi KPU pertama terkait dengan penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pemilu yang sebetulnya itu sudah kita gunakan sejak pemilu-pemilu sebelumnya," kata Arief Budiman usai bertemu Presiden di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu, 11 Juli 2018.

Baca: KPU Laporkan Hasil Pilkada kepada Presiden

Arief menjelaskan tantangan KPU saat ini sangat besar, beragam, dan rumit. KPU membutuhkan bantuan lembaga pemerintah yang punya keahlian di bidang kepemiluan.

Salah satu hambatan yang dilaporkan ialah berdasarkan UU Nomor 7 Tahun 2017 pemilih diwajibkan memiliki KTP-el. Sementara  itu, hingga kini masih banyak masyarakat belum memegang KTP-el.

"Kita masih punya waktu Desember 2018, perlu dukungan masyarakat. Presiden pesan kerja sama pemilih dan pemerintah harus aktif sehingga Desember 2018 selesai 100 persen," kata dia.

Presiden sudah menyatakan kesiapannya mendukung KPU dengan sumber daya manusia dan anggaran. Termasuk kerja sama dengan beberapa lembaga negara.

KPU juga melaporkan hasil pelaksanaan Pilkada serentak 2018. "Pilkada seluruh tahapan dilaporkan tantangan data pemilih termasuk yang berproses sengketa di MK jadi semua dilaporkan detailnya," ujar Arief.


(OJE)