Surabaya akan Dijadikan Kota Percontohan Pelayanan Publik

LB Ciputri Hutabarat    •    Jumat, 21 Apr 2017 07:13 WIB
pelayanan publik
Surabaya akan Dijadikan Kota Percontohan Pelayanan Publik
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berencana membangun mal pelayanan publik. Tempat yang disebut Mal Birokrasi ini akan dibangun di 3 kota. Surabaya akan menjadi kota percontohan pelayanan publik.
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, mengatakan, selain Surabaya, mal birokrasi akan dibangun di DKI Jakarta dan Batam.
 
Menteri Asman menjelaskan, mal ini sebagai bentuk pemotongan birokrasi di Indonesia. Nantinya, satu gedung bisa melayani seluruh pelayanan publik.
 
Asman juga mendorong percepatan realisasi pembangunan mal pelayanan publik di Kota Batam. Selain memberi kemudahan bagi masyarakat, mal pelayanan publik juga bisa memangkas ego sektoral yang terjadi di Batam.
 
Upaya tersebut dilakukan dengan berbagai langkah, termasuk berbicara dengan Menteri-menteri Kabinet Kerja yang melakukan pelayanan di wilayah yang berdekatan dengan Singapura tersebut.
 
 Menurut Asman, semua pihak terkait sudah menyatakan kesiapannya untuk mewujudkan pelayanan dalam satu atap tersebut.
 
Konsep mal pelayanan publik telah berhasil diterapkan dan dikembangkan di Azerbaijan, sebuah negara kecil yang cepat berkembang, meskipun usianya masih relatif muda. Konsep inovatif yang dinamakan Azerbaijan Service and Assessment Network (ASAN) ini menyediakan berbagai layanan instansi pemerintah dan perusahaan swasta tersentral dalam satu pusat layanan, yakni ASAN Service center.
 


(FZN)