Pansus RUU Pemilu Usulkan Masa Kampanye Enam Bulan

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 18 Apr 2017 18:45 WIB
berita dpr
Pansus RUU Pemilu Usulkan Masa Kampanye Enam Bulan
Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Pemilu Ahmad Riza Patria. Foto: MI/ Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Pemilu sepakat memotong masa kampanye pada pesta demokrasi tahun 2019 menjadi enam bulan. Sebelumnya, masa kampanye berlangsung setahun.

"Pemilu mendatang masa kampanyenya dipercepat. Ini terobosan baru. Selama ini kan masa kampanye setahun. Sekarang akan diusulkan enam bulan," kata Wakil Ketua Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang Pemilu Ahmad Riza Patria, saat ditemui di Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 18 April 2017.

Politikus Gerindra itu mengatakan, alasan DPR mengusulkan pengurangan masa kampanye adalah untuk efisiensi waktu yang dianggap menguras energi. Efesiensi waktu juga bisa meminimalkan kegaduhan politik yang acap kali terjadi selama masa kampanye.

Wakil ketua Komisi II DPR itu menyebutkan, tak jarang kegaduhan politik berdampak luas terhadap masyarakat. Bahkan, tak jarang menimbulkan konflik antar simpatisan. Dengan dipangkasnya masa kampanye, diharapkan potensi konflik berkurang.

"Diharapkan akan lebih baik. Dari segi biaya lebih efisien, waktu lebih efektif, kegaduhan enggak terlalu lama," ucap politikus Partai Gerindra itu.


(ROS)