Partai NasDem Waspada Hoaks

M Sholahadhin Azhar    •    Kamis, 07 Dec 2017 02:27 WIB
partai nasdem
Partai NasDem Waspada Hoaks
Irma Suryani Chaniago (Foto:Dok. MI)

Jakarta: Jelang Pilkada 2018, pemberitaan palsu atau hoaks menjadi salah satu fokus utama untuk ditanggulangi. Partai NasDem berusaha menangkalnya dengan cara berkomunikasi dan pendekatan dengan ormas.

"Terutama ormas besar salah satunya dalam rangka menyamakan persepsi tentang NKRI. Tentang bagaimana membangun Indonesia ke depannya bersama-sama," kata Ketua DPP NasDem Irma Suryani Chaniago di kantor PP Muhammadiyah, Rabu, 6 Desember 2017.

NasDem gencar menyuarakan persatuan dan kesatuan bangsa karena isu tersebut bisa jadi bibit perpecahan. Irma juga mengatakan menjaga persatuan di negara kepulauan bukanlah satu hal yang mudah.

Tak hanya ormas, Parpol sejawat, tokoh cendekiawan, ulama dan elemen lain juga ikut dirangkul NasDem. Hal ini bertujuan menyamakan persepsi, supaya tak mudah terpengaruh hoaks.

"Bahwa menjaga Bhineka dan Indonesia ini lebih penting dari apapun, adalah suatu keharusan," imbuh Irma.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menegaskan soal poin penting dalam menjaga kondusifitas Pilkada 2018. Menurutnya semua elemen harus mencegah dan membendung hoaks yang memuat ujaran kebencian, fitnah dan isu SARA dalam kampanye.

Perlu partisipasi semua pihak untuk menjaga pesta demokrasi berjalan kondusif, terutama di era teknologi yang semakin berkembang.


(CIT)