Cak Imin Optimistis Dipinang Jokowi

Whisnu Mardiansyah    •    Selasa, 06 Mar 2018 16:01 WIB
pemilu pilpres 2019
Cak Imin Optimistis Dipinang Jokowi
Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)/ANT/Hafidz Mubarak

Jakarta: Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) condong bergabung dengan koalisi pemerintah yang mengusung Presiden Joko Widodo pada Pilpres 2019. Ia berharap Jokowi segera meminangnya sebagai pendamping pada helatan lima tahunan itu.

"Saya masih optimistis Pak Jokowi akan mengajak saya," kata Cak Imin saat acara Sholawat Anti Narkoba di komplek Parlemen Senayan, Selasa 6 Maret 2018.

Cak Imin mengklaim saat ini sebagian besar kader PKB mendesak dirinya maju sebagai calon wakil presiden. Namun, kepastian masih menunggu hasil safari politik dan mendengar aspirasi serta masukan masyakarat.

"Tunggu saja hasil keliling saya ke berbagai tempat ke seluruh Jawa dan Indonesia," ucap eks Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Baca: Cak Imin Tunggu Masukan Kiai Tentukan Arah Koalisi

Keinginan bersanding dengan Jokowi didasarkan pada fakta selama hampir empat tahun berkoalisi bersama pemerintah. PKB merasa koalisi di pemerintah sudah nyaman. Ia berniat melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin dengan Presiden Joko Widodo.

"Saya secara pribadi dan teman-teman kebanyakan juga merasa lebih nyaman dengan koalisi yang sudah ada," ujar eks Wakil Ketua DPR periode 2004-2009 itu.

Baca: Cak Imin Lebih Condong ke Jokowi Ketimbang Prabowo

Namun, PKB tetap membuka komunikasi politik dengan beberapa partai. PKB menghormati ajakan membentuk poros baru di luar Joko Widodo dan Prabowo Subianto (Gerindra).

"Kepada partai yang mengajak poros baru tujuannya memunculkan dinamika demokrasi di Tanah Air. Tentu ini harus dipahami semua pihak. Tapi kita PKB pada posisi saling menjaga dulu komunikasi dan saya jawab dalam waktu dekat saling mendoakan," ujar Cak Imin.


(OJE)