Tim Independen Pengusut Kasus Novel belum Diperlukan

M Rodhi Aulia    •    Rabu, 17 May 2017 17:13 WIB
novel baswedan
Tim Independen Pengusut Kasus Novel belum Diperlukan
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. Foto: MI/Irfan

Metrotvnews.com, Jakarta: Pembentukan tim independen dinilai belum diperlukan buat mengusut kasus penyiraman air keras yang menimpa penyidik KPK Novel Baswedan. Semua pihak diminta percaya dan menunggu hasil penyelidikan polisi.
 
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, kasus itu cukup diselesaikan polisi. Taufik tidak ingin kasus ini dilimpahkan ke tim independen. "Tunggu dulu hasil penyelidikan polisi. Kita masih menunggu lebih jauh. Lebih baik menunggu dulu," kata Taufik di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.
 
Menurut Taufik, kepolisian pasti memiliki evaluasi terhadap proses penyelidikan yang telah dilakukan. Taufik berharap jika tim independen disepakati, unsur yang ada tidak hanya kepolisian dan KPK saja. "Kalau nanti perlu dibentuk tim independen, tentunya harus melibatkan unsur masyarakat," ujar dia.
 
Wacana pembentukan tim indepden mencuat setelah beberapa aktivis antikorupsi berpandangan bahwa penyiraman air keras terhadap Novel, berkaitan dengan beberapa kasus korupsi besar yang sedang ditangani KPK. Beberapa kasus yang ditangani KPK juga diduga melibatkan personel Polri.
 
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah mengatakan, KPK belum mengeluarkan rekomendasi atau permintaan soal pembentukan tim independen. KPK ingin kasus ini terungkap, baik pelaku maupun dalang di balik penyerangan.
 
 


(FZN)