Peralatan Tes Kesehatan Capres-Cawapres Dipastikan Berstandar Tinggi

Faisal Abdalla    •    Minggu, 12 Aug 2018 11:53 WIB
pilpres 2019
Peralatan Tes Kesehatan Capres-Cawapres Dipastikan Berstandar Tinggi
Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen dr Terawan Agus Putranto. Foto: MI/Angga Yuniar

Jakarta: Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto memastikan peralatan medis untuk tes kesehatan calon presiden dan wakil presiden berstandar tinggi. Peralatan itu juga sudah dikroscek bersama dengan tim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

"Untuk memastikan bahwa peralatan yang digunakan adalah peralatan standar tertinggi yang diingankan IDI," kata Kepala RSPAD Gatot Subroto Mayjen dr Terawan Agus Putranto, Minggu 12 Agustus 2018. 

Terawan mengatakan dengan peralatan medis standar tinggi ini diharapkan tes kesehatan capres dan cawapres nantinya memperoleh hasil yang akurat dan komprehensif, "Sehingga hasil yang nanti disampaikan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik," tandasnya. 

Sementara itu, Ketua Umum IDI, Ilham Oetama Marsis mengatakan, tim pemeriksa kesehatan capres dan cawapres terdiri dari gabungan dokter IDI, RSPAD, dan serta sejumlah dokter spesialis. Syarat menjadi tim pemeriksa yaitu minimal sudah berpraktik selama 15 tahun sebagai dokter spesialis, bukan anggota partai, bukan dokter pribadi paslon maupun dokter kepresidenan. 

"Seluruh tim terikat kepada sumpah dan kode etik sehingga wajib menjalankan pemeriksaan secara profesional dan independen," tandas Ilham. 

Penilaian kesehatan capres dan cawapres ini akan memakan waktu kurang lebih 9-12 jam. Setelah itu tim pemeriksa kesehatan akan menggelar rapat pleno. 

"Diharapkan pemeriksaan berjalan lancar dan hasilnya dapat segera disampaikan Tim kepada KPU. Kewenanhan menyampaikan hasil dan keputusan selanjutnya menjadi wewenang KPU," kata Ilham.

Baca: Kaesang Sebut Riwayat Penyakit Jokowi Hanya 'Masuk Angin'

KPU sebelumnya menunjuk RSPAD Gatot Subroto untuk melakukan tes kesehatan bakal calon presiden dan calon wakil presiden. Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjadi pasangan pertama yang melakukan tes kesehatan di RSPAD pada Minggu, 12 Agustus 2018. 

Sementara itu, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dijadwalkan bakal menjalani tes kesehatan pada Senin, 13 Agustus 2018 besok. 


(DMR)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA