Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Jangan Terpancing Isu SARA di Medsos

Anggitondi Martaon    •    Jumat, 14 Oct 2016 18:28 WIB
berita dpr
Jelang Pilkada, Masyarakat Diminta Jangan Terpancing Isu SARA di Medsos
Masyarakat diminta jangan mudah terpancing isu SARA di media sosial (Foto:MI/Ramdani)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jelang Pilkada tahap II, tim sukses (timses) setiap bakal calon mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Selain bertemu langsung, andalan timses dalam menarik simpati masyarakat yaitu menggunakan media sosial (medsos).

Anggota Komisi I DPR RI Supiadin Aries Saputra mengingatkan agar timses pasangan calon untuk memberikan informasi yang positif. Jangan sampai menimbulkan konflik di tengah masyarakat.‎

"Relawan harus mengemas pesan dalam rangka kampanye dengan memerhatikan etika. Sama sekali tidak boleh menyentuh SARA (suku, agama, ras). Itu yang paling pokok," kata Supiadin, di Gedung Nusantara I Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (14/10/2016).

Mayjen TNI (Purn) itu ‎mewanti-wanti agar timses berhati-hati memberikan informasi melalui medsos, khususnya isu berbau SARA. "Kalau sekali menyampaikan SARA, sulit sekali disetop, sulit sekali dihentikan," ujarnya menegaskan.

Politikus NasDem itu juga mengingatkan masyarakat agar selektif menyaring informasi yang diterima melalui medsos. Tak semua informasi yang beredar dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Supiadin beropini, ada dua hal yang harus diperhatikan masyarakat ketika menerima informasi dari medsos. Pertama, sumber informasi. Kedua, isi informasi yang diedarkan.

"Setelah itu, baru kita bersikap. Kita jangan sampai terprovokasi isu yang disampaikan media sosial," kata Supiadin.

 


(ROS)