Sandiaga Ingin Tiru Cara Risma Atasi Pekerja Hiburan Malam di Jakarta

Whisnu Mardiansyah    •    Rabu, 30 Nov 2016 03:15 WIB
pilkada dki 2017
Sandiaga Ingin Tiru Cara Risma Atasi Pekerja Hiburan Malam di Jakarta
Sandiaga Uno. FOTO: MI/ANGGA YUNIAR

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Sandiaga Uno mengaku akan meniru cara Walikota Surabaya Tri Risma Harini dalam meminimalisir pekerja di sektor hiburan malam.

Sandi menilai banyaknya pekerja di tempat hiburan malam, lantaran tidak adanya alternatif pekerjaan lain sehingga membuat warga mau tak mau bekerja di tempat-tempat seperti itu. Dirinya menjanjikan untuk  memperbanyak  lapangan pekerjaan di bidang kuliner, pariwisata, dan kerajinan untuk menumbuhkembangkan kreativitas warga.

"Tempat-tempat itu tuh hadir karena tidak ada alternatif mata pencaharian lain buat mereka, tapi kalau kita ciptakan lapangan kerja, kita ciptakan sebuah sentra-sentra, jadi sentra kuliner, pariwisata, kerajinan, itu akan tumbuh dan berkembang. Jadi pasar-pasar tradisional, tematik, pasar yang sudah dijalankan sekarang itu perlu diperbanyak," kata Sandi di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (29/11/2016).

Sandi yakin dengan diperbanyaknya sentra-sentra industri kuliner, pariwisata dan kerajinan tangan perlahan pekerja di sektor hiburan malam akan beralih.

"Dengan begitu akan dengan pelan-pelan bermigrasi profesi daripada warga dan tempat-tempat seperti hiburan malam itu. Kita melihat bagaimana kinerja baik dari ibu Risma di Surabaya itu layaknya bisa jadi inspirasi kita," ujarnya.

Selain menciptakan lapangan pekerjaan baru, dirinya berjanji akan menata para pekerja hiburan malam itu dengan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk berwirausaha.

"Mungkin mereka ada yang punya potensi di masalah kecantikan, salon-salon, bikin alis, kan sekarang lagi tren banget, itu ya mereka bisa berkarya, dikasih modal, dikasih pendampingan, malah mereka jadi ajang penciptaan lapangan kerja," ujar dia.


 


(SCI)