Wiranto Minta Buruh Cari Hari Lain buat Aksi

Meilikhah    •    Rabu, 30 Nov 2016 15:06 WIB
demo buruh
Wiranto Minta Buruh Cari Hari Lain buat Aksi
Menko Polhukam Wiranto. (ANT/Reno Esnir).

Metrotvnews.com, Jakarta: Menko Polhukam Wiranto meminta buruh yang tergabung dalam KSPI mencari hari lain unuk unjuk rasa. Sebab,  pada 2 Desember, kemanan akan fokus pada  aksi bela Islam jilid III yang digelar di Monas, Jakarta Pusat.
 
Wiranto minta buruh menahan diri untuk tidak ikut mengumpulkan massa pada 2 Desember. "Aksi sebagai demokrasi boleh. Tapi, ya sabar masih ada hari lain," kata Wiranto, di Puri Ratna Ballroom Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (30/11/2016).
 
Menurut Wiranto, imbauan agar massa buruh tidak menggelar aksi pada 2 Desember bukan larangan. Namun, lebih kepada menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
 
Wiranto menegaskan, aksi unjuk rasa yang dilakukan di luar Monas tak mengantongi izin dan dapat dibubarkan. "Tidak dilarang, silakan saja. Tapi jangan sengaja tanpa izin berdemonstrasi, itu melanggar hukum," ujar Wiranto.
 
Ia mengungkapkan, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) bukan unjuk rasa yang mengganggu ketertiban dan keamanan masyarakat. Aksi dipastikan berlangsung aman. Aksi disebut tak bakal berisi orasi seperti unjuk rasa pada umumnya.
 
Kepastian tersebut, kata Wiranto, sudah dirembukkan oleh kedua belah pihak antara pemerintah dan pengunjuk rasa.  "Sudah ada kesepakatan antara pimpinan unjuk rasa dan pemerintah. Unjuk kekuatan dialihkan menjadi aksi super damai ibadah gelar sajadah," kata Wiranto.
 
Wiranto menambahkan, aksi tidak akan diwarnai dengan orasi yang berpotensi untuk memprovokasi. Aksi hanya diisi dengan ibadah berupa zikir, doa, dan tausiyah yang akan berakhir setelah pelaksanaan salat Jumat.
 
"Masyarakat tenang, tetap kegiatan sehari-hari di bidang masing-masing dan PKL akan panen hari itu, jadi silakan jualan seperti biasa," kelakar Wiranto.



(FZN)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

38 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA