Dua Tahun Jokowi-JK, Program Poros Maritim Semakin Mundur

Al Abrar    •    Selasa, 18 Oct 2016 11:20 WIB
dua tahun pemerintahan jokowi
Dua Tahun Jokowi-JK, Program Poros Maritim Semakin Mundur
Presiden Jokowi didampingi Wapres Jusuf Kalla. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan genap dua tahun pada Kamis 20 Oktober 2016. Sejumlah catatan berhasil ditorehkan oleh keduanya.

"Sudah ada pencapaian-pencapaian tertentu yang perlu diapresiasi seperti gebrakan-gebrakan suap dan pungli," kata Wakil Sekretaris Jenderal PKB Daniel Johan melalui siaran persnya, Selasa (18/10/2016).

Daniel mengatakan, capaian itu harus dilanjutkan dengan konsisten di lapangan sampai persoalan pungli tidak menjadi budaya dan tidak berhenti begitu saja.

"Ini harus dilanjutkan dengan konsisten," ujar Daniel.

Di bidang kedauluatan pangan, Daniel mencatat cukup membawa kemajuan di tingkat provinsi. Sehingga masing provinsi bisa memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari secara mandiri tanpa harus tergantung dari provinsi lain.

"Bahkan dana desa harus dimanfaatkan membentuk Badan Usaha Milik Desa Bulog mandiri sehingga kedaulatan pangan menjadi tangguh sampai ditingkat desa," ungkapnya.

Namun Wakil Ketua Komisi IV ini mencatat, program poros maritim bukan malah maju tapi semakin mundur. Gencarnya pemberantasan illegal fishing berjalan cukup baik. Namun tidak diimbangi dengan kekuatan perikanan nasional yang semakin terpuruk.

"Jadi bila ada yang kurang dari pemerintahan Jokowi, kegagalan terbesarnya adalah dunia perikanan dan kelautan yang terpuruk," ujar Daniel.

Dia berharap waktu yang tersisa bisa dimanfaatkan pemerintahan Jokowi-JK untuk meningkatkan kinerjanya.

"Semua harus fokus mencapai ukuran-ukuran kinerja sesuai tupoksinya. Jadi sisa waktu ini, pemerintah harus benar-benar fokus pada visi misi awal karena sejak awal pemerintahan ini sudah memiliki visi besar maupun ukuran-ukuran konkret yang mau dicapai," kata dia.

 


(MBM)