Akademi Bela Negara Nasdem

NasDem Ajarkan Mahasiswa Memetakan Masalah

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 29 Sep 2017 11:47 WIB
partai nasdem
NasDem Ajarkan Mahasiswa Memetakan Masalah
Pameran karya internship mahasiswa peserta ABN. Foto: Metrotvnews.com/Whisnu

Metrotvnews.com, Jakarta: Akademi Bela Negara Nasdem (ABN) menggelar pameran karya internship mahasiswa peserta ABN. Total 500 peserta dari 48 kabupeten/kota di Indonesia memamerkan hasil karya magang mereka.

Gubernur Akademi Bela Negara I Gusti Ketut Manila menjelaskan, mahasiswa dibekali keterampilan, terutama dalam memetakan persoalan di daerah.

Pemeran menampilkan pemetaan wilayah dan permasalahan daerah yang mereka kunjungi. Di antaranya soal masalah ekonomi dan potensi di wilayah tersebut.

"Mereka yang internship bisa memetakan (permasalahan) daerah yang dikunjungi. Nantinya mereka bisa menyesuaikan diri saat pulang ke daerahnya," kata Manila di kantor ABN, Jalan Pancoran Timur II, Jakarta Selatan, Jumat 30 September 2017.

Menurutnya, hasil magang bisa menjadi pertimbangan Partai NasDem untuk memetakan kelebihan dan kelemahan. Masalah-masalah yang ditemukan menjadi titik fokus pendekatan partai ke daerah tersebut. "Mengapa di daerah tersebut kita enggak dapat kursi. Kita bisa tahu," ujarnya.

Rencananya pameran ini akan berlangsung hingga pukul 20.00 WIB. Para peserta akan diberikan penilaian dari hasil karya mereka berdasarkan tujuh penilaian kategori. "Salah satunya apa manfaat yang kamu dapatkan untuk Partai NasDem," pungkasnya.

pameran karya internship berlangsung dua pekan dari 10-23 September 2017. Peserta dari 48 kabupeten/kota berasal dari empat provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten, dan DKI Jakarta. Dengan rincian 5 wilayah kota di Jakarta, 20 kabupeten/kota di Jawa Barat, 15 kabupeten/kota di Jawa Tengah, dan 8 kabupaten/kota di Banten.


(UWA)