Pansus Angket Minta Pendapat Menpan RB Soal Kepegawaian KPK

Husen Miftahudin    •    Senin, 17 Jul 2017 14:42 WIB
angket kpk
Pansus Angket Minta Pendapat Menpan RB Soal Kepegawaian KPK
Wakil Ketua Pansus Angket KPK John Kennedy Azis - MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Panitia Khusus (Pansus) Angket KPK diagendakan rapat dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur. Pansus Angket akan meminta pendapat Asman soal kepegawaiaan di lingkungan KPK.

"KPK itu kan menerima APBN sehingga berlaku UU ASN (Aparatur Sipil Negara). Kita kaitkan dengan pekerja-pekerja yang ada di KPK," kata Anggota Pansus Angket KPK, John Kennedy Azis, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin 17 Juli 2017.

Diakuinya bahwa pertanyaan pansus angket nantinya bisa berkembang, namun masih dalam konteks pekerja-pekerja yang berada di lingkungan KPK. Asman sendiri diakui John sudah mengonfirmasi kehadirannya.

"Pokoknya seluruh yang berkaitan dengan pegawai KPK kita tanyakan. Sampai hari ini konfirm, enggak tau nanti, namanya menteri barangkali dadakan dipanggil Presiden," tutur John singkat.

Sebelumnya, Ketua Pansus Angket KPK Agun Gunandjar Sudarsa menyebut rapat dengan Menpan RB untuk menggali lebih dalam mekanisme kepegawaian KPK. Pasalnya KPK ditengarai bisa mengangkat penyidik sendiri sehingga pegawai KPK memiliki dualisme pekerjaan.

"Terkait sumber daya kita akan undang Menpan. Apakah dibenarkan enggak kalau KPK ini bisa bikin aparatur sendiri, sementara uangnya kan uang negara," ungkap Agun.

Pansus Angket KPK sendiri sudah menyambangi Polri dan Kejaksaan Agung untuk menyelidiki tugas, fungsi dan kewenangan KPK. Dalam pembentukannya, UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi menyebutkan bahwa fungsi KPK sebagai lembaga supervisi dan koordinasi.

Pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra juga sudah dipanggil. Dalam keterangannya Yusril menyebut fungsi KPK sebagai lembaga supervisi dan koordinasi adalah untuk memperkuat kejaksaan dan kepolisian.

Selain itu, Pansus Angket juga sudah meminta pendapat para ahli seperti Zain Badjeber dan Romli Atmasasmita terkait keabsahan pansus. Termasuk rapat dengar pendapat umum dengan kelompok masyarakat seperti PP Pemuda Muhammadiyah, Aliansi Pemuda Cinta Indonesia (APCI), Jaringan Islam Nusantara (JIN) dan Koalisi Masyarakat Pendukung Pansus KPK.


(REN)