Perppu Keterbukaan Akses Keuangan Diundangkan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Rabu, 17 May 2017 15:29 WIB
aeoi
Perppu Keterbukaan Akses Keuangan Diundangkan
Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: Antara/Widodo

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mengundangkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan. Hal itu dilakukan karena ada kesepakatan dunia soal keterbukaan akses keuangan untuk perpajakan.
 
"Perppu Nomor 1 Tahun 2017 ini hal yang tidak bisa dihindarkan, karena sudah menjadi kesepakatan dunia untuk keterbukaan akses perbankan perpajakan. Perppu itu tertanggal 8 Mei dan telah diundangkan," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.
 
Menurut dia, keterbukaan akses ini harus dilalui bersama-sama. Apalagi, Indonesia telah melakukan tax amnesty dan tahun depan semua akses di dunia pun akan terbuka.
 
"Sebenarnya bagus bagi kita, sekarang semuanya menjadi sangat transparan. Orang tidak bisa menyembunyikan," ujar dia.
 
Ia yakin perppu itu didukung oleh berbagai pihak. Terlebih, perppu tersebut baik bagi bangsa dan dunia usaha. "Yang tidak mendukung mungkin ketakutan karena terlalu banyak disimpan-simpan. Kalau ingin keterbukaan, transparansi ya sekarang harus dibuka," ujarnya.
 


(FZN)