Ketua DPR Ingatkan Anggota Dewan Rampungkan Pembahasan 13 RUU

Anggi Tondi Martaon    •    Kamis, 18 May 2017 11:49 WIB
berita dpr
Ketua DPR Ingatkan Anggota Dewan Rampungkan Pembahasan 13 RUU
Ketua DPR RI Setya Novanto (Foto:Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Setya Novanto mengimbau seluruh anggota DPR untuk segera menyelesaikan tugas-tugas legislasinya. Hal itu disampaikan Novanto dalam Rapat Pembukaan Masa Persidangan V Tahun Sidang 2016-2017.

Ia mengingatkan, salah satu tugas legislasi yang wajib untuk segera diselesaikan bulan ini ialah RUU tentang Penyelenggaraan Pemilu. RUU tersebut sangat penting karena akan akan menjadi pedoman penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019.

"RUU tentang Penyelenggaran Pemilu diharapkan dapat diselesaikan pada akhir Mei 2019. RUU tersebut sangat dibutuhkan," kata Novanto, di Ruang Rapat Paripurna DPR RI, Gedung Nusantara II Komplek Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 18 Mei 2017.

Selain RUU Pemilu, terdapat 16 RUU yang masih dalam tahap penyusunan di Alat Kelengkapan Dewan atau inisatif anggota. Badan Legislasi juga tengah melakukan pengharmonisasian, pembulatan, dan pemantapan terhadap empat RUU, yakni RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 22/2001 tentang Migas, RUU tentang Perubahan atas UU Nomor 32/2002 tentang Penyiaran, dan RUU tentang Perkelapasawitan.

Selain itu, DPR juga sedang melakukan pembahasan terhadap 23 RUU yang dibahasa bersama DPR dan pemerintah. Dari seluruh RUU itu, 13 di antaranya diminta untuk diselesaikan pada masa kali ini.

RUU tersebut yaitu RUU KUHP, RUU PNBP, RUU Larangan Minuman Beralkohol, RUU Perlindungan Pekerja Indonesai di Luar Negeri, RUU Wawasan Nusantara, RUU Kekarantinaan Kesehatan, RUU Terorisme, RUU Perpajakan, RUU Kewirausahaan Nasional, RUU Arsitek, RUU Ekonomi Kreatif, RUU Pertanahan, serta RUU Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan.

"Pimpinan DPR mengimbau kepada Komisi-Komisi, Badan, Pansus, dan anggota DPR agar segera menyelesaikan tugas-tugas legislasi tersebut," ujar Novanto.

Selain pembahasan RUU, Novanto juga mengingatkan agar seluruh komisi dan Badan Anggaran fokus pada pembahasan RAPBN dan RKP tahun anggaran 2018. Pasalnya, pemerintah akan menyampaikan kerangka ekonomi makro dan pokok-pokok kebijakan fiskal sebagai pedoman penyusunan RAPBN tahun anggaran 2018.

Tak lupa, Novanto meminta DPR dan alat kelengkapan dewan untuk melakukan pengawasan bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Pengawasan akan difokuskan pada ketersediaan bahan pokok, transportasi, bahan bakar, dan listrik.


(ROS)