Ahok Kebut Tiga Program di Sisa Jabatannya

Desi Angriani    •    Rabu, 19 Apr 2017 23:02 WIB
pilgub dki 2017
Ahok Kebut Tiga Program di Sisa Jabatannya
Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. Foto: Metrotvnews.com/Annisa Ayu Artanti

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama, bakal mengebut tiga program yang belum tuntas di sisa kepemimpinananya sebagai orang nomor satu DKI. Program tersebut akan diselesaikan sebelum serah terima jabatan dengan gubernur DKI terpilih versi hitung cepat, Anies Baswedan, Oktober mendatang. 

"Selama enam bulan ini kita akan bereskan tiga program," kata Ahok seusai menyambangi kantor DPP Partai Nasdem, Jalan Suroso, Jakarta Pusat, Rabu 19 April 2017.

Ahok menuturkan tiga program itu yakni mempercepat sertifikasi rumah bagi warga Jakarta. Itu bakal dituntaskan dalam waktu dekat. Kemudian, biaya Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) untuk NJOP gratis jika rumah di bawah Rp2 miliar.

"Saya ingin warga Jakarta secepatnya memiliki sertifikat rumah. Yang di bawah Rp2 miliar enggak usah bayar BPHTB," ungkap dia.

Program berikutnya ialah mendaftarkan bahan bangunan ke dalam e-katalog untuk mempermudah pembelian bahan bangunan. Hal itu guna mempercepat kebijakan bedah rumah bagi warga miskin Jakarta.

"Segera bahan bangunan masuk e-katalog. Kita kan punya pegawai lepas harian yang perbaiki rumah, orang tinggal bayar saja, atap bayar berapa, pintu berapa, sehingga kita harapkan dengan dasar ini kita bisa menyelesaikan semua rumah kumuh di Jakarta," tutur dia.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menambahkan, konsep 2,5 kali Apartemen untuk warga miskin juga akan segera dituntaskan. Program ini dapat menjamin kelayakan hunian bagi warga dengan biaya yang murah. Pemprov DKI dipastikan tidak mengambil keuntungan dari pembangunan apartemen tersebut.

"Ketiga konsep 2,5 kali apartemen kalau kampung yang terlalu padat, kumuh kan penyakit banyak kayak TBC dan diare. Apartemen yang dibangun di atas tanah 100 meter bisa bangun dan dapat tujuh unit. Ini sudah ada yang nawarin ke saya dari Cengkareng 1,5 hektar, jadi taman setengah hektar," tandas dia. 


(REN)

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

Novanto Jalani Sidang Perdana Hari Ini

33 minutes Ago

Agenda sidang perdana ialah pembacaan surat dakwaan oleh jaksa penuntut umum pada KPK.
 

BERITA LAINNYA