KPU Tentukan Sikap soal PBB Besok

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 05 Mar 2018 20:03 WIB
kpu bawaslu
KPU Tentukan Sikap soal PBB Besok
Gedung KPU/MI/Ramdani

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera bersikap. Lembaga penyelenggara pemilu itu kalah atas gugatan Partai Bulan Bintang(PBB) yang diajukan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

"(Hasil pleno) ada dua opsi apakah kita banding atau menetapkan PBB sebagai peserta pemilu. Kita lihat nanti lah, Insyaallah besok sudah kita putuskan," kata Komisioner KPU Ilham Saputra di Jakarta Pusat, Senin, 5 Maret 2018.

Baca: Bawaslu Kabulkan Gugatan PBB

Ilham menjelaskan KPU belum menerima salinan putusan Bawaslu. Mereka dalam posisi menunggu agar memiliki dasar dalam pleno.

Dua opsi yang muncul pun termaktub dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. KPU, tegas Ilham, akan menelaah fakta persidangan di Bawaslu.

"Enggak ada condong-condong. Artinya kita melihat beberapa fakta-fakta persidangan dan juga putusan yang ada di surat Bawaslu tersebut," ucap dia.

Baca: PBB Buka Peluang Usung Jokowi

Bawaslu menolak eksepsi KPU. Bawaslu juga membatalkan surat keputusan KPU No. 58/pl.01.1-kpt/03/kpu/ii 2018 tetntang penetapan parpol peserta Pemilu 2019 yang terbatas pada diktum kedua.

"Pembatalan surat keputusan KPU terbatas pada diktum kedua yang menetapkan PBB tak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota tahun 2019," kata Ketua Bawaslu Abhan, Minggu, 4 Maret 2018.

Baca: PBB Berharap Dapat Nomor Urut 19

Bawaslu merekomendasikan KPU segera menetapkan PBB sebagai parpol peserta pemilu.


(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA