Kemendagri Siapkan Surat Penunjukkan Plt Wali Kota Batu

Intan fauzi    •    Minggu, 17 Sep 2017 09:30 WIB
ott kpk
Kemendagri Siapkan Surat Penunjukkan Plt Wali Kota Batu
Mendagri Tjahjo Kumolo. MTVN/Legia

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah menyiapkan surat perintah pengangkatan pelaksana tugas (PLT) Wali Kota Batu.

Namun, untuk mengeluarkan surat tersebut, Kemendagri menunggu pernyataan resmi dari KPK terkait operasi tangkap tangan (OTT) Wali Kota Batu Eddy Rumpoko.

"Kalau hari ini ada statement KPK mengenai Wali Kota Batu, Sekjen dan Dirjen Otda (Otonomi Daerah) menyiapkan surat Plt-nya," kata Mendagri Tjahjo Kumolo di Kantor Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Minggu 17 September 2017.

Tjahjo memastikan surat itu sudah ia serahkan pada Gubernur Jawa Timur untuk segara menunjuk Plt. Ia mengatakan, Plt dibutuhkan untuk memastikan agar roda pemerintahan tidak berhenti hingga nanti ada pelantikan definitif.

"Yang kedua, mempersiapkan proses pelantikan Wali Kota baru hasil Pilkada Serentak tahun 2017 yang masa jabatan wali kota habis pada awal bulan Desember. Tugas Plt-nya mempersiapkan ini, serah terimanya," tutur Tjahjo.

Ia berharap jalannya aktivitas pemerintahan kota Batu tidak terhambat. "Saya harapkan seluruh SKPD baik di Jatim maupun kota Batu kemudian (Kabupaten) Batubara juga untuk bisa melaksanakan tugas seperti biasanya," lanjut Tjahjo.

Sebelumnya, KPK melakukan OTT terhadap Wali Kota Batu Eddy Rumpoko. Dalam OTT KPK menyita ratusan uang jutaan rupiah. Uang tersebut diduga berkaitan dengan kasus suap proyek di Pemerintah Kota Batu Malang.


(SCI)