Menpan-RB Jamin Tes CPNS Jauh dari Kecurangan

Nur Azizah    •    Jumat, 14 Jul 2017 16:11 WIB
seleksi cpns
Menpan-RB Jamin Tes CPNS Jauh dari Kecurangan
Menpan RB Asman Abnur--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri PAN-RB Asman Abnur menjamin tak akan ada kecurangan di tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tes CPNS dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) tidak mudah diakal-akali.

"Dengan sistem CAT tidak mungkin bisa. Saya sebagai menteri pun enggak akan bisa membantu seseorang lulus CAT," kata Asman kepada Metrotvnews.com saat ditemui di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat, 14 Juli 2017.

Asman mengaku, soal sistem CAT tidak akan sama dengan yang lain. Ada sekitar 16 ribu koleksi soal yang akan digunakan untuk tes CPNS.

"Jadi nanti soalnya seperti Ujian Nasional. Antara satu dengan yang lain enggak sama dan sistem mengerjakannya pakai komputer," ujarnya.

Baca: Pendaftaran Online CPNS Mulai 1 Agustus

Politikus Partai Amanat Nasional ini tetap waspada dengan adanya tindak kecurangan lainnya. Dia menyampaikan telah bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai penyedia soal.

"Kalau secara logika adanya kecurangan itu tidak mungkin. Tapi kalau ada pemalsuan itu beda. Sudah tindakan kriminal. Bisa dicoret," pungkasnya.




(YDH)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

23 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA