DPR tak Masalah Jokowi Garap Film G30S PKI Kekinian

Husen Miftahudin    •    Selasa, 19 Sep 2017 16:51 WIB
peringatan g 30 s pki
DPR tak Masalah Jokowi Garap Film G30S PKI Kekinian
Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah--Antara/Yudhi Mahatma

Metrotvnews.com, Jakarta: Pimpinan DPR mempersilakan Presiden Jokowi membuat film serupa tentang 'Pengkhianatan G30S PKI' dalam bentuk kekinian. Film terbaru diyakini mampu memberi khasanah bagi sejarah perjuangan bangsa.

"Bagus bikin film versi lain, (tapi) jangan yang ada (malah) dilarang. Jokowi kan punya banyak tim pembuat film, bikin saja. Kan anak Pak Jokowi jago bikim film, suruh saja bikin film," kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 19 September 2017.

Baca: Pemutaran Film G30S/PKI Bisa Timbulkan Keresahan Sosial

Fahri tak menganggap wacana pembuatan film G30S PKI kekinian malah justru menimbulkan bias sejarah di masyarakat. Film baru akan memunculkan sejarah lain yang tidak terungkap dalam film sebelumnya. "Sekarang negara bebas saja, film bikin saja dan tayang di bioskop," ungkap dia.


Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan--MI/Mohamad Irfan.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan pun senada. Film baru jangan justru melarang film yang sudah ada. Apa pun sejarah perjuangan yang dirangkum dalam film, sah dipertontonkan. Apalagi banyak generasi muda yang tak sempat menyaksikan film G30S PKI lantaran dilarang untuk disiarkan.

"Barangkali ada saat G30S PKI banyak yang belum lahir. Saya saja waktu itu baru dua tahun, sehingga pada posisi penyampaian informasi histori perjalanan kebangsaan itu menjadi hak dari setiap warga negara untuk mengetahui detailnya," jelas dia.



Sementara terkait nonton bareng film G30S PKI atas perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Taufik tak mempermasalahkan. Pemutaran film tentang perjuangan sejarah tak perlu dilarang.

"Kita harapkan dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi hal wajib, jangan sampai ditunggangi kepentingan politik praktis tapi penyampaian sejarah oke, no problem," pungkas Taufik.

Seperti diketahui, TNI berencana mengadakan nonton bareng film G 30S-PKI. Pemutaran film G30S PKI ini pun atas perintah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

Gatot menyebut pemutaran film ini dilakukan hanya untuk meluruskan sejarah. Ia ingin menunjukkan fakta yang terjadi saat peristiwa itu.


(YDH)