Soal Angket, Demokrat Klaim Seiring dengan Keinginan Warga

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 16 Jun 2017 13:23 WIB
angket kpk
Soal Angket, Demokrat Klaim Seiring dengan Keinginan Warga
Agus Hermanto--Metrotvnews.com/M Rodhi Aulia

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Demokrat menolak Pansus Angket KPK. Penolakan Demokrat sesuai keinginan konstituen.

"Mayoritas (konstituen) menyatakan sebaiknya Partai Demokrat tidak ikut kepanitiaan angket," kata Wakil Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat 16 Juni 2017.

Menurut Agus, keputusan Demokrat sejalan dengan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Sigi menyebutkan 65 persen warga menolak pembentukan hak angket, lawan 25 persen yang mendukung.

Baca: KPK Disebut Melanggar Aturan bila Larang Miryam Hadir di Pansus Angket

Warga menolak karena menganggap hak angket hanya alibi DPR melindungi rekan dari kejaran KPK. Agus bersyukur keputusan Demokrat sejalan hasil survei SMRC.

"Ternyata ini juga merupakan persetujuan yang bermanfaat dan persetujuan yang betul. Karena buktinya masyarakat banyak yang mendorong (penolakan angket KPK)," kata dia.



Wakil Ketua DPR menilai keinginan masyarakat, khususnya konstituen harus dijaga. Sebab, keberadaannya di DPR saat ini juga tak lepas dari adanya amanah masyarakat.

"Sehingga kalau rakyat memberikan seperti itu (menolak angket KPK) kenapa tidak harus saya bela sepenuhnya? harus saya bela keinginan masyarakat," tegas dia.


(YDH)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

14 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA