Kalla Minta Anies Baswedan Fokus Urus Jakarta

Dheri Agriesta    •    Rabu, 06 Dec 2017 14:41 WIB
pilpres 2019
Kalla Minta Anies Baswedan Fokus Urus Jakarta
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MTVN/Dheri

Jakarta: Beberapa lembaga survei memperlihatkan peningkatan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dalam bursa pemilihan Presiden 2019. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta Anies tak terlena dengan survei itu.
 
"Harus fokus dulu ke DKI (Jakarta)," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu, 6 Desember 2017.

Baca: Anies Enggan Komentari Pencalonan Dirinya di Pilpres

Kalla tak berani memprediksi langkah yang diambil Anies untuk 2019. Karena, setiap orang punya kesempatan dan hak untuk dipilih dan memilih. Setiap orang juga mempertimbangkan peluang mereka untuk terpilih.
 
Namun, Kalla tak ingin Anies buru-buru. Ia meminta Anies menyelesaikan amanah sebagai Gubernur DKI Jakarta terlebih dulu. Jika pekerjaan sebagai gubernur beres, niscaya kemungkinan maju lebih terbuka di masa depan.
 
"Kalau tugasnya di DKI baik, pasti kemunginan untuk pemilu akan datang terbuka, harus dibuktikan dulu di DKI," jelas Kalla.
 
Kalla yakin mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu tak akan tergoda. "Saya yakin Pak Anies itu lebih memfokuskan diri ke tugasnya di DKI," tegas Kalla.

Baca: Anies Dijamin Setia kepada Jakarta

Lembaga survei Indo Barometer menyebut Anies merupakan salah satu sosok terkuat sebagai calon pendamping Prabowo Subianto di Pilpres 2019. Anies mengantongi 22,5 persen, lebih tinggi dari beberapa nama lain.
 
Sementara itu, Poltracking Indonesia memasukkan nama Anies Rasyid Baswedan dalam simulasi lima calon presiden. Anies menduduki posisi kelima dengan perolehan elektabilitas 2,8 persen.




(FZN)