PKB Klaim Banyak Dukungan buat Cak Imin jadi Cawapres

Ilham wibowo    •    Kamis, 09 Nov 2017 22:56 WIB
pkbpilpres 2914
PKB Klaim Banyak Dukungan buat Cak Imin jadi Cawapres
Ketua UmumDPP PKB Muhaimin Iskandar. Foto: Antara/Akbar Nugroho Gumay

Jakarta: Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dipastikan hanya mengincar posisi calon wakil presiden di Pemilu 2019. Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapat dorongan untuk bisa mendampingi petahana Presiden Joko Widodo.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB Maman Imanulhaq mengatakan, hanya Jokowi dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang kemungkinan besar bisa mencalonkan diri sebagai presiden di Pemilu 2019.  Hal itu sesuai regulasi ambang batas pencalonan presiden seperti dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

"Maka di PKB kita berfikir menjadi Cawapres. Tidak ada diskusi atau pernyatan resmi, kemudian direspons relawan dengan medorong (Cak Imin)," kata Maman di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis 9 November 2017.

Maman optimistis, dukungan sudah banyak digaungkan di beberapa wilayah. Kelompok santri, kata dia, menjadi relawan yang gencar mendeklarasikan dukungan untuk Cak Imin.

"Dalam  bulan ini saja udah ad 71 kali deklarasi di beberapa titik, ada anak jalanan dan santri kemarin ribuan dan itu di luar dugaan," bebernya.
 
Maman menambahkan, ia tak begitu memikirkan dengan popularitas Cak Imin yang masih rendah di beberapa hasil survei. Menurutnya, mesin partai akan terus melakukan konsolidasi penguatan relawan di berbagai wilayah guna meningkatkan elektabilitas.

"Kita hargai survei, hormati juga kelompok relawan. Ini bentuk konsolidasi kelompok religius nasionalis. Soal bisa atau tidak (menjadi Cawapres) waktu yang menentukan," kata dia.


(MBM)