MPR Sosialisasikan Empat Pilar Melalui Pantun Melayu

Gervin Nathaniel Purba    •    Senin, 13 Nov 2017 09:43 WIB
berita mpr
MPR Sosialisasikan Empat Pilar Melalui Pantun Melayu
MPR RI bekerja sama dengan Yayasan Rumpun Melayu Belitung melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui seni budaya bertema Senandung Melayu Untuk Negeri (Foto:Dok.MPR RI)

Metrotvnews.com, Belitung: Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerja sama dengan Yayasan Rumpun Melayu Belitung melaksanakan salah satu metode Sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui seni budaya bertema Senandung Melayu Untuk Negeri, di Hotel Bahamas Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Pembacaan pantun melayu, tarian tradisional belitung, dan senandung melayu serojacoustic merupakan metode yang dipilih dalam menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar MPR agar pesan-pesannya lebih tersampaikan kepada masyarakat.

Anggota MPR dari Fraksi PPP Irgan Chairul Mahfi mengatakan, MPR memanfaatkan seni budaya sebagai media sosialisasi karena melalui pagelaran seni budaya melayu yang megah ini adalah acara yang sangat digemari masyarakat dan memiliki nilai-nilai adi luhur bangsa Indonesia. Serta pesan-pesan yang disampaikan bersentuhan langsung dengan kehidupan masyarakat dan mari kita dijadikan sebagai alat perekat NKRI.

Menurutnya, pemahaman Empat Pilar sangat penting sebagai benteng dari pengaruh negatif terhadap masyarakat baik pengaruh interaksi yang datang dari dalam maupun dari luar. Empat Pilar dijadikan alat menangkal arus modernisasi yang membawa dampak negatif.

"Meminta kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menerima informasi dari media sosial. Hal itu disampaikan masyarakat agar terhindar dari berita hoax," ujar Irgan dalam keterangan tertulis, Minggu 12 November 2017.

Kepala Biro Keuangan Setjen MPR Maifrizal sebagai panitia pelaksana pagelaran mengatakan, pagelaran seni budaya ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memahami dan reaktualisasi terhadap nilai-nilai Pancasila, dalam pemahaman terhadap Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat. Cara ini sebagai salah satu bentuk apresiasi dan langkah konkret MPR RI dalam melestarikan warisan budaya, khususnya seni budaya tradisional

"Yang terpenting, pesan-pesan Empat Pilar MPR RI dapat tersampaikan ke masyarakat melalui pagelaran seni budaya. Tidak hanya untuk hiburan tapi juga harus bisa direalisasikan pada kehidupan sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung Erwandi A Arani yang mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi Empat Pilar MPR RI melalui pagelaran seni budaya dapat kiranya menggali potensi yang terkandung dalam kesenian melayu ini untuk dapat menjaga keutuhan NKRI. Ia mengajak seluruh pihak untuk menjaga kelestarian budaya Belitung.

"Senandung Melayu Untuk Negeri di Belitung, serta mengajak hadirin dan masyarakat Belitung untuk berpartisipasi dengan harapan bisa melestarikan seni budaya melayu yang kita banggakan ini," kata Erwandi.


(ROS)