Jokowi Minta APBD untuk Program Prioritas

Nur Aivanni    •    Selasa, 15 May 2018 14:23 WIB
presiden jokowi
Jokowi Minta APBD untuk Program Prioritas
Presiden Jokowi. Foto: Antara/Adeng Bustomi.

Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta kepala daerah menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (ABPD) secara efisien. APBD harus digunakan untuk program prioritas di daerahnya masing-masing.
 
"Kita harapkan dalam mendesain APBD, harus betul-betul skala prioritas ," kata Jokowi dalam acara penutupan Workshop Nasional Anggota DPRD Partai Persatuan Pembangunan se-Indonesia Tahun 2018, Selasa, 15 Mei 2018.
 
Menurutnya, anggaran yang dibagi ke semua sektor tidak akan menyelesaikan masalah yang ada di daerah. Hal itu sebagaimana pengalamannya sebagai Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. "Enggak akan menyelesaikan masalah kalau kita tidak konsentrasikan anggaran di satu atau dua yang sangat prioritas di daerah," ucapnya.

Baca: Kebocoran vs Efisiensi Anggaran

Fokus penggunaan anggaran, kata Jokowi, sedang diterapkan oleh pemerintahannya. Di masa pemerintahannya, ada tiga tahapan yang menjadi fokus dari APBN. Tahap pertama, di bidang infrastruktur. Tahap kedua, di bidang sumber daya manusia. Tahap ketiga, di bidang inovasi dan teknologi.
 
"Kalau tahapan-tahapan ini tidak kita jalankan, setiap tahun semua tempat kita beri, semua kementerian kita beri, tanpa ada fokus, tanpa ada skala prioritas yang jelas, maka tidak kelihatan (hasilnya)," tegasnya.




(FZN)