Menpan RB Minta Kepala Daerah Mengurangi Seremonial

   •    Selasa, 21 Mar 2017 14:57 WIB
pns
Menpan RB Minta Kepala Daerah Mengurangi Seremonial
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Foto: MI/M. Irfan

Metrotvnews.com, Pekanbaru: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengimbau kepala daerah untuk tidak sering melakukan kegiatan seremonial. Menurut dia, seremonial hanya menyia-nyiakan waktu.

"Jangan hanya membuang-buang waktu dengan berbagai acara seremonial, manfaatkanlah waktu semasa menjabat ini untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk negara," kata Asman di Pekanbaru, Selasa 21 Maret 2017.

Ia berharap kepala daerah lebih memprioritaskan kegiatan-kegiatan produktif dan aktif dalam melakukan berbagai pengembangan dan pembangunan di daerah. "Sumber daya manusia (SDM) juga harus ditingkatkan melalui revolusi mental dan mengubah pola pikir," sebutnya.

Asman menyebutkan, revolusi mental harus dilakukan demi kemajuan bangsa dan negara ke depan.

"Saat ini sebagian besar Aparatur Sipil Negara (ASN) banyak yang takut tidak hadir di kantor karena ada absen, tetapi kedepannya saya ingin tidak ada lagi ASN yang seperti itu, melainkan takut tidak ke kantor karena pekerjaannya akan menumpuk jika ia tidak hadir," papar Asman.

Ia menegaskan, ke depan ASN harus lebih berkualitas, tidak boleh kalah dari pihak swasta. Dia mengatakan, ASN semestinya mengatur pihak swasta, namun kalau ASN tidak berkualitas, kemungkinan sebaliknya.

Oleh sebab itu, lanjutnya, revolusi mental harus benar-benar diterapkan dan dilaksanakan karena kedepan yang menentukan posisi ASN itu adalah tingkat kemampuan. "Tidak akan berlaku lagi posisi-posisi atas rekomendasi pihak tertentu," tegas dia. (Antara)


(TRK)