BLT Tak Dilanjut, Djarot Pastikan Ganti Program Bantuan Lebih Baik

Intan fauzi    •    Rabu, 30 Nov 2016 01:49 WIB
pilgub dki 2017
BLT Tak Dilanjut, Djarot Pastikan Ganti Program Bantuan Lebih Baik
Djarot Saiful Hidayat. MI/ Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon wakil gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mendapat pertanyaan dari seorang warga Petukangan Utara, Jakarta Selatan, soal program bantuan langsung tunai (BLT) yang ada pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Warga itu memastikan apakah program BLT akan dilanjutkan kembali.

Djarot menanggapi, bahwa program itu sudah tidak dilanjutkan lagi. Djarot memastikan ia memiliki program lebih baik untuk Jakarta dan jumlahnya lebih besar dari BLT.

"Kami lebih tinggi dari BLT. Bayangkan, misalnya untuk anak sekolah dapat Rp600 ribu lebih per bulan kemudian naik bis Transjakarta gratis, tadi sampaikan ada operasi pasar, BPJS Kesehatan kita tanggung. Itu nilainya jauh lebih besar," papar Djarot di Jalan Swadarma III Dalam, Petukangan Utara, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Di samping itu, menurut Djarot, pemberian bantuan secara instan hanya akan merusak mental warga. Padahal, warga Indonesia memiliki mental pekerja keras.

"Di Petukangan masih banyak yang menjahit, usaha konveksi, itu kan baik, (bekerja) buang benang, daripada begini (mengadah) dapet (uang). Malu dong," ujar Djarot.

Djarot menilai, mendapatkan uang dari keringat sendiri lebih berkah daripada mengharapkan bantuan instan. "Kalau (bantuan) langsung, instan, akan langsung habis, cepat," ucap dia.

Pria asal Blitar itu lebih memilih memberikan modal bagi warga untuk usaha. Ia teringat masa kecilnya yang tidak diperbolehkan menerima uang saat Hari Idul Fitri tiba. "Jadi saya dikasih tahu kalau kamu mau dapat duit harus bekerja," tutur Djarot.

Bahkan, lanjut Djarot, ia pernah berjualan layangan untuk mendapatkan uang. Hal itulah yang ia coba terapkan juga untuk warga Jakarta. "Inilah pendidikan kita untuk mendirikan mental kita, jangan kemudian diambil dananya ujungnya korupsi. Harus ada hasil jelasnya," pungkas Djarot.


(SCI)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

24 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA