Didukung PDIP, Ahok-Djarot Berada di Atas Angin

Damar Iradat    •    Rabu, 21 Sep 2016 07:09 WIB
pilgub dki 2017
Didukung PDIP, Ahok-Djarot  Berada di Atas Angin
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat (kanan) saat jumpa pers pengumuman calon kepala daerah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (20/9) - MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Pasangan Basuki 'Ahok' Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dinilai bakal melengang mulus pada kontestasi Pilkada DKI 2017. Tambahan dukungan dari PDIP memperkuat pasangan petahana itu.

Pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan, pasangan Ahok dan Djarot merupakan perpaduan antara calon dengan elektabiltas tinggi yang dipadu dengan mesin partai terkuat, PDIP.

"Secara kuantitatif dan logika kualitatif, pasangan Ahok-Djarot ini berada di atas angin," ungkap pria yang akrab disapa Toto itu di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Selasa (20/9/2016) malam.

Namun demikian, pasangan ini juga harus memerhatikan soal tingkat elektabiltas Ahok tidak linier dengan tingkat kepuasan publik. Menurut Toto, saat ini, tingkat kepuasan publik terhadap Ahok selalu berkisar di atas 65 persen, sedangkan tingkat elektabilitas Ahok berkisar pada angka 45 hingga 55 persen.

Toto menilai, dengan survei seperti itu, artinya ada faktor-faktor yang membuat lawan-lawan Ahok memiliki peluang. Salah satunya, tambah dia, soal ketidaksukaan gaya kepemimpinan dan komunikasi Ahok.

Tidak hanya itu, Toto menilai, situasi saat ini mirip dengan Pemilu Presiden 2014 lalu antara Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Saat disurvei, nama Prabowo kalah jauh dari Jokowi.

"Tapi, ketika sudah ditetapkan calon, Prabowo bisa mendapat limpahan suara asal bukan Jokowi. Ini bisa terjadi dengan gerakan asal bukan Ahok," papar dia.

Selain itu, Toto mengingatkan hal-hal yang menjadi pekerjaan rumah bagi PDIP. Salah satunya soal permasalahan internal PDIP, yang sempat bergejolak pada saat rekrutmen Ahok mulai jalur independen hinga sesaat sebelum penetapan dukungan.

Ia menambahkan, partai banteng moncong putih itu juga harus bisa mempersatukan tiga partai pendukung Ahok, sehingga merasa memiliki peran dan bekerja demi memenangkan pasangan ini. "Jika bisa menyelesaikan kedua masalah ini, jalan bagi petahana memenangkan Pilkada DKI semakin mudah," pungkas dia.

PDIP secara resmi mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ahok-Djarot. Dengan tambahan dukungan dari PDIP, Ahok saat ini mengantongi dukungan dari empat partai, yakni NasDem, Golkar, Hanura, dan PDIP.


(REN)

Ditemani Anies, Sandiaga Serahkan LHKPN ke KPK

Ditemani Anies, Sandiaga Serahkan LHKPN ke KPK

6 minutes Ago

Bakal calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno mendatangi gedu…

BERITA LAINNYA
Video /