Pimpinan DPR Minta Pilkada 2017 Tak Hanya Fokus di DKI Jakarta

Anindya Legia Putri    •    Kamis, 22 Sep 2016 19:08 WIB
berita dpr
Pimpinan DPR Minta Pilkada 2017 Tak Hanya Fokus di DKI Jakarta
Pilkada (Foto:Antara/Sigid Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai pusat pemerintahan, DKI Jakarta selalu menjadi sorotan, terlebih saat harus menetukan siapa orang yang tepat untuk memimpinnya. Seperti dalam Pilkada DKI 2017.

Setelah sebelumnya pasangan petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dengan Djarot Syaiful Hidayat maju Pilkada DKI Jakarta 2017 mendatang, kini diketahui,  enam partai politik yakni Partai Demokrat, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tengah memutuskan lawan tanding dari pasangan Ahok-Djarot.

Melihat ramainya polemik dalam Pilkada DKI 2017, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengingatkan untuk tidak hanya fokus pada Pilgub DKI, karena daerah lainnya pun turut berada dalam posisi yang sama.

"Memang kita kalau bicara Pilgub DKI seolah-olah ini skala nasional, padahal tidak hanya di Jakarta pemilihan gubernur. Tapi saat ini setiap daerah juga sedang mempersiapkan pemimpin barunya," ujar Taufik Kurniawan saat ditemui du Nusantara III DPR RI, Jakarta, Kamis (22/9/2016).

Namun Taufik juga tak menampik jika isu Pilkada DKI memang dianggap sebagai isu yang seksi. Bahkan demi menentukan calon dalam Pilkada DKI,  seluruh elite politik keseluruhannya ikut turun tangan.

"Tapi jangan terkesan seolah oleh seperti pilpres. Ini betul dinamika Pilkada serentak. Jangan terlalu memfokuskan di DKI saja, meskipun seksi isunya. Rakyat kita butuh figur pemimpin daerah," tandas Taufik.

Ia pun berharap jika Pilkada Serentak tahun 2017 di 101 daerah seluruh Indonesia yang digelar pada 15 Februari 2017 harus berjalan jujur, adil, lurus dan bersih.


(ROS)

Video /