Jokowi Berkomunikasi via Telepon dengan Donald Trump

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 20 Apr 2017 12:46 WIB
indonesia-as
Jokowi Berkomunikasi via Telepon dengan Donald Trump
Presiden Joko Widodo bertemu Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence--Metrotvnews.com/Achmad Zulfikar Fazli

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyambut baik kunjungan Wakil Presiden Amerika Serikat Michael Richard Pence. Pertemuan ini yang pertama pasca-pilpres AS.

"Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan Wapres yang mulia Michael Richard Pence," kata Presiden dalam konferensi pers bersama Pence di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis 20 April 2017.

Meski baru bertemu, Presiden mengaku, telah berkomunikasi dengan Presiden AS Donald Trump sejak lama. Tepatnya, ketika Trump terpilih menjadi orang nomor satu di Negeri Paman Sam. "Komunikasi melalui telepon. Sejak Januari lalu," kata Jokowi.

Baca: AS Komitmen Tingkatkan Investasi di Indonesia

Presiden berbincang berbagai isu dan kerja sama, juga menitipkan salam untuk trump melalui wakilnya, Pence. Jokowi dan Pence membicarakan banyak masalah.

Pertama, mengenai komitmen AS meningkatkan strategic parthnership dengan Indonesia. Hal itu akan fokus pada bidang-bidang kerja sama dan investasi.

Bahkan, Indonesia-AS akan membuat tim untuk membahas pengaturan perdagangan dan investasi bilateral berdasarkan prinsip-prinsip win-win solution pada bulan depan.

Kedua, Indonesia sebagai negara muslim terbesar pertama di dunia dan sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, sepakat untuk menguatkan kerja sama di bidang perdamaian.


(YDH)