KPU RI Siap Hadapi Sengketa Pilkada

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 19 Apr 2017 21:06 WIB
pilgub dki 2017
KPU RI Siap Hadapi Sengketa Pilkada
Komisioner KPU Arief Budiman/MI/Ramdani

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua KPU RI Arief Budiman menyebut pihaknya siap menghadapi sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). KPU Pusat sudah bersinergi dengan KPU Daerah (KPUD). 

Arief menuturkan KPU Pusat sudah memberi arahan pada KPUD utamanya soal penyimpanan dokumen yang bisa menjadi bukti penting di Mahkamah Konstitusi (MK). KPU Daerah, termasuk DKI Jakarta dilatih untuk menyimpan dokumen terkait Pemilu di kotak-kotak tertentu. Sehingga nanti jika diperlukan sudah siap untuk materi persidangan sengketa Pilkada.

"Kita sudah melatih mereka bagaimana menyimpan dokumen termasuk cara memasukkan ke dalam kotak-kotak itu. Sehingga misalnya ada sengketa, mahkamah memerintahkan cek soal pemilih kotaknya sudah ada, cek soal berita acara perhitungan, kotaknya sudah ada tersendiri. Jadi itu sudah disimpan dan ditata sesuai dengan kebutuhan," kata Arief di kantor KPU RI, Jakarta, Rabu 19 April 2017.

Menurut dia dengan pengelompokan materi Pemilu akan mempermudah kinerja KPUD menyajikan data faktual. Jadi, tidak ada cerita penyelenggara kebingungan menyediakan materi saat sengketa.

Untuk itu, Arief mengimbau KPUD berhati-hati dan teliti terhadap data. Karena hal ini sangat penting untuk menghadapi tuntutan pihak-pihak yang tak puas dengan hasil Pemilu hasil penetapan penyelenggara.

"Jangan sampai ada kesalahan. Karena dokumen-dokumen itulah yang akan dijadikan alat bukti apabila terjadi sengketa," pungkas dia. 


(REN)