PAN dan Demokrat Diyakini ke Jokowi

Fachri Audhia Hafiez    •    Jumat, 13 Apr 2018 18:55 WIB
pilpres 2019
PAN dan Demokrat Diyakini ke Jokowi
Pengamat politik Yudhie Haryono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat diyakini bakal mendukung Joko Widodo sebagai calon presiden dalam Pilpres 2019. Namun, kedua partai itu belum bersikap karena belum 'deal' dengan Jokowi.

"Tidak perlu ditebak, itu (PAN dan Demokrat) jelas ke Pak Jokowi. Mereka belum menentukan karena belum jelas dealnya," kata pengamat politik Yudhie Haryono di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat, 13 April 2018.

Yudhie menjelaskan, deal tersebut yakni jumlah menteri yang akan diterima. Ia meyakini kedua partai itu bakal bergabung ke koalisi Jokowi jika mendapatkan keuntungan.

"Karena ini persoalan siapa membayar apa dan apa mendapatkan berapa bagian," ujar Yudhie.

Baca: PAN Berpeluang Usung Gatot

Saat ini, kata dia, partai politik basisnya ialah survei atau polling. Hasil survei membuat partai lain sulit mencari calon alternatif. Pasalnya, dari berbagai lembaga survei, Jokowi masih yang tertinggi tingkat elektabilitasnya dan disusul oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

"Partai-partai saat ini berpatokan pada polling dan survei. Di mana polling dan survei itu membuktikan calon di luar itu (Jokowi atau Prabowo) tidak bisa dimunculkan, karena terlalu kecil angkanya," tutur Yudhie.




(AZF)