SBY tak Nampak di Sidang Tahunan MPR

Arga sumantri    •    Kamis, 16 Aug 2018 10:15 WIB
sidang tahunan mpr
SBY tak Nampak di Sidang Tahunan MPR
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (tengah) dalam konperensi pers terkait undang-undang ormas di kantor DPP Partai Demokrat, Menteng, Jakarta. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) absen mengikuti sidang tahunan MPR. Padahal, acara sedianya dihadiri semua mantan pemimpin negara.

Ketua MPR Zulkifli Hasan membuka sidang tahunan MPR. "Yang Kami hormati, Presiden Republik Indonesia, Saudara Insinyur Haji Joko Widodo, beserta Ibu Hj Iriana Joko Widodo. Wakil Presiden Republik Indonesia, Saudara Drs H M Jusuf Kalla, beserta Ibu Hj Mufidah Jusuf Kalla," kata Zulkifli di ruang sidang tahunan MPR, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.

Zulkifli juga menyapa Presiden ke-3 B. J. Habibie dan Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri. Ketua Umum PAN itu juga menyapa wakil presiden terdahulu, Try Sutrisno dan Boediono. 

Namun, Zulkifli tak menyapa SBY. SBY memang tak terlihat di barisan para mantan kepala negara.

Baca: Jokowi: Tahun Pertama Pemerintah Fokus Bangun Pondasi Kokoh Perekonomian

Hari ini sidang tahunan bersama MPR/DPR/DPD digelar di ruang sidang paripurna. Setelah sidang tahunan MPR dibuka, acara akan dilanjutkan sidang bersama DPR dan DPD yang dijadwalkan pukul 10.40 WIB. 

Ketua DPR Bambang Soesatyo dan Presiden Jokowi juga akan berpidato dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia. Acara terakhir adalah pembukaan masa persidangan I DPR Tahun 2018-2019. Presiden akan berpidato mengenai Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2019.


(OGI)