Posisi Indonesia Sangat Penting di DK PBB

   •    Sabtu, 09 Jun 2018 09:52 WIB
indonesia-pbb
Posisi Indonesia Sangat Penting di DK PBB
Sebuah sesi berlangsung di DK PBB. (Foto: AFP)

Jakarta: Anggota Komisi I DPR RI Meutya Hafid bahagia Indonesia dipilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020. Meutya menyebut, posisi Indonesia sangat penting.

"Masuknya Indonesia di masa politik global tengah memanas ini adalah momentum yang paling baik untuk Indonesia dapat turut berperan menjaga keamanan dan ketertiban dunia," kata Meutya dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu, 9 Juni 2018. 

Meutya menyebut, posisi Indonesia sangat penting. Utamanya sebagai mediator. 

"Indonesia dapat menjadi mediator dalam banyak isu keamanan dunia seperti di Timur Tengah, semananjung Korea, antara blok barat dan timur. Karena Indonesia bukan bagian dari negara-negara yang berkonflik," papar dia. 

Lantaran tak masuk dalam konflik, kata dia, Indonesia bisa menjalani peran sebagai mediator dengan adil. Tak cuma itu, Indonesia sebagai negara besar diyakini bakal didengar masukannya oleh banyak negara.

Politikus Golkar itu menyebut masuknya Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB merupakan hasil lobi panjang baik pemerintah maupun Komisi I DPR dalam setiap kunjungan dengan mitra di luar negeri. 

(Baca juga: Ekspresi Gembira Menlu Retno Saat Indonesia Menang di DK PBB)




(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA