Cak Imin Belum Serius Jadi Wakil Jokowi di Pilpres

Dheri Agriesta    •    Jumat, 08 Dec 2017 04:05 WIB
pilpres 2019
Cak Imin Belum Serius Jadi Wakil Jokowi di Pilpres
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar. (Foto: MTVN/Husen Miftahudin).

Jakarta: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar merupakan salah satu sosok yang digadang-gadang menjadi pendamping Presiden Joko Widodo pada pemilihan presiden 2019. Namun, pria yang akrab disapa Cak Imin itu belum memikirkan kemungkinan itu.

"Belum kepikiran secara serius, tapi nanti kita akan lihat bagaimana," kata Cak Imin di Hotel Milenium, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis 7 Desember 2017.

Cak Imin mengatakan, ada beberapa mekanisme yang harus dilalui untuk masuk ke tahapan itu. Cak Imin juga ingin menunggu pendapat dari sejumlah kiyai terhadap kemungkinan tersebut.

"Istiqorah untuk memberikan pertimbangan," kata dia.

Dukungan terhadap Cak Imin bisa dibilang besar. Sejumlah baliho dan spanduk terpasang di beberapa kota untuk mendukung Cak Imin sebagai calon wakil presiden.

Cak Imin pun berterima kasih dengan dukungan itu. Tapi, kata dia, keputusan untuk maju mendampingi Presiden Joko Widodo tak hanya tergantung dukungan.

"Saya akan bergantung kepada pertemuan dan pemikiran kiyai-kiyai," jelas dia.

Sementara itu, peneliti senior Center for Strategic and International Studies (CSIS) J. Kristiadi menyebut Cak Imin merupakan sosok yang tepat mendampingi Jokowi. Karena, Cak Imin memiliki partai politik dan basis massa.

Selain itu, Kristiadi mengatakan, Cak Imin merupakan sosok perwakilan Islam yang dibutuhkan Jokowi. "Pak Jokowi itu membutuhkan figur pendamping yang bisa mencerminkan Islam, Mas Muhaimin masuk akal," kata Kristiadi.


(MBM)

Opsi: Setnov Bicaralah! (2)

Opsi: Setnov Bicaralah! (2)

15 minutes Ago

Peradilan Setya Novanto ibarat drama hukum. Persidangan sempat diwarnai aksi bisu Setnov. Duduk…

BERITA LAINNYA