Pilkada Serentak 2017 Bakal Ramah Penyandang Disabilitas

Damar Iradat    •    Jumat, 25 Nov 2016 20:10 WIB
disabilitaspilgub dki 2017
Pilkada Serentak 2017 Bakal Ramah Penyandang Disabilitas
Ilustrasi. (ANT/Fanny Octavianus)

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) berkomitmen menyelenggarakan Pilkada Serentak 2017 yang juga ramah bagi penyandang disabilitas, atau Pemilu Akses. Hak konstitusi penyandang disabilitas tetap akan dikedepankan.

Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiansyah mengatakan, pihaknya siap mengakomodir para pemilih disabilitas. Selain karena hak konstitusional, pemilu di Indonesia juga dinilai inklusif.

"Jadi, yang tuna netra, tuna daksa, tuna rungu, tuna grahita, atau yang lainnya tetap kita akomodir untuk bisa memilih," ungkap Ferry di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/11/2016).

Ferry menyebut, dalam sistem informasi data pemilih KPU, saat ini, daftar pemilih disabilitas baru mencapai angka sekitar 66 ribu dalam daftar pemilih sementara (DPS) yang terangkum. Namun, angka itu diklaim mengalami kenaikan dari penyelenggaraan pemilu-pemilu sebelumnya.

Ketua Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA) Disabilitas Ariani Soekanwo mengatakan, sebetulnya banyak penyandang disabilitas yang mulai menunjukan minatnya berpartisipasi dalam pemilu. Namun, ada beberapa faktor yang membuat mereka terhambat dalam masalah pendataan.

Pertama, kata Ariani, masih banyak penyandang disabilitas yang belum memiliki kartu tanda penduduk. Kemudian, faktor kedua yakni, para penyandang disabilitas masih disembunyikan oleh keluarga.

"Terakhir, penyandang disabilitas itu kurang percaya diri," ungkap Ariani.

Ariani percaya, jika jumlah penyandang disabilitas yang berpartisipasi dalam pemilu semakin meningkat. Apalagi, para penyelenggara pemilu, seperti KPU dan Bawaslu juga mulai memerhartikan para penyandang disabilitas.

Ia mencontohkan bagaimana jumlah penyandang disabilitas yang meningkat di Jakarta Pusat. Pada Pilpres 2014 lalu, baru ada sekitar 200 orang penyandang disabilitas yang terdaftar dalam DPT, namun jumlah itu meningkat menjadi 1.600 pada tahun 2017.

"Ini menandakan ada peningkatan delapan kali lipat," tuturnya.


(LDS)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

52 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA