Isu SARA Dinilai tak akan Berpengaruh Signifikan

Achmad Zulfikar Fazli    •    Jumat, 14 Oct 2016 21:20 WIB
pilgub dki 2017
Isu SARA Dinilai tak akan Berpengaruh Signifikan
Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti - MI/Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan isu suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA) dinilai akan memberikan keuntungan buat pasangan bakal calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono dan wakilnya Sylviana Murni. Namun, hal itu tak akan berpengaruh signifikan.

"Isu SARA ini muncul untuk meraup dukungan orang yang masih ragu-ragu untuk menetapkan pilihan, tapi mereka lebih memilih Agus, tidak ke Anies, setelah isu ini ada," kata Pengamat Politik dari Lingkar Madani (Lima), Ray Rangkuti dalam sebuah diskusi di Restoran Jambal Roti, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (14/10/2016).

Menurut dia, warga DKI yang belum punya pilihan tersebut belum tentu mengarahkan pilihannya kepada pasangan Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno. Ray menilai pemilih tersebut justru akan condong ke Agus-Sylvi. Sebab, pasangan yang diusung koalisi Cikeas itu dinilai sebagai orang yang baru dan menjadi alternatif.

"Pengaruh lainya adalah adanya efek terkejut dengan munculnya Agus ini, selain ada faktor pengaruh SBY walaupun kecil," tukas dia.

Ray menambahkan, pemilih yang belum punya pilihan tersebut adalah orang yang tidak suka dengan isu SARA. Selain itu, mereka juga dinilai tidak cocok dengan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang dinilai sedikit keras

"Dan, sekarang mereka memiliki pilihan alternatif, yaitu Agus," kata Ray.


(MEL)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

14 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA