Ini Syarat Agar Bonus Rp1 Miliar untuk Atlet PON DKI Bisa Cair

Nur Azizah    •    Selasa, 10 Jan 2017 19:48 WIB
pon 2016
Ini Syarat Agar Bonus Rp1 Miliar untuk Atlet PON DKI Bisa Cair
Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono. (Foto: MTVN/Dheri)

Metrotvnews.com, Jakarta: Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono akan memenuhi janji memberikan bonus Rp1 miliar kepada atlet PON DKI. Syaratnya, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus merevisi terkait peraturan pemberian bonus untuk atlet daerah. 

Selain itu, Kemenpora juga harus memberikan pengecualian kepada daerah-daerah khusus terkait pemberian bonus tersebut. Bila tidak, Pemprov DKI Jakarta tidak akan bisa mencairkan bonus Rp1 miliar itu.

"Kalau tidak ada revisi atau izin yang menyatakan DKI boleh memberikan bonus lebih besar dari ketentuan pusat ya berarti tidak bisa diberikan," kata Sumarsono di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (10/1/2017).

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu menegaskan, peraturan daerah tidak boleh bertentangan dengan peraturan pemerintah pusat. Dalam Peraturan Kemenpora dinyatakan,  bonus daerah tidak boleh melebihi bonus yang diberikan secara nasional, yakni Rp200 juta. 

"Sebelumnya lewat  Pergub Pak Ahok, bonus lebih dari nilai itu. Sehingga Kadis Disorda Firman tidak berani mengeluarkan bonus karena risikonya hukum," terangnya.

Pejabat eselon satu Kemendagri itu menyatakan, bila Kemenpora merevisi peraturan tersebut, Pemprov DKI siap memberikan bonus sesuai yang telah dijanjikan.

Sumarsono menuturkan, Pemprov telah menganggarkan Rp300 miliar. Namun, yang terserap baru Rp160 miliar. Sisanya dikembalikan ke kas negara. 

"Kalau boleh kita membayarkan lebih dari bonus yang ada, ya kita bayar besok dengan APBD perubahan supaya mereka tidak kecewa," ujar Sumarsono.


(MEL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

1 hour Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA