Survei: Elektabilitas Midji-Norsan Unggul

K. Yudha Wirakusuma    •    Kamis, 14 Jun 2018 01:20 WIB
pilkada 2018
Survei: Elektabilitas Midji-Norsan Unggul
Wali Kota Pontianak Sutarmidji (kiri) dan Bupati Mempawah Ria Norsan (kanan) saat mendaftar sebagai pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Senin (8/1). MI/Aries Munandar

Jakarta: Lembaga survei Poltracking Indonesia merilis Peta Kekuatan Elektoral Cagub-Cawagub Kalimantan Barat (Kalbar) 2018. Dari hasil survei tersebut, elektabilitas pasangan Sutarmidji–Ria Norsan unggul.

Peneliti Poltracking Indonesia Hendra Yasin mengatakan elektabilitas pasangan Sutarmidji-Ria Norsan meraih 53,5 %. Disusul pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 32,3 % dan Milton Crosby-Boyman Harun 5,4 %. Sebanyak 8,8 % responden tidak memberikan jawaban (undecided voters).

"Ada banyak variabel yang menyebabkan seorang kandidat beserta pasangannya dapat menggungguli pasangan yang lainnya," kata Hendra dalam keterangannya, Rabu, 13 Juni 2018.

Menurutnya, elektabilitas pasangan calon dipengaruhi kerja-kerja terstruktur, masif, dan sistematis yang dilakukan secara konsisten oleh pasangan kandidat. "Kemudian, mesin relawan, partai, dan penampilan dalam debat publik menjadi faktor menentukan.” terangnya. 

Selain soal elektabilitas, temuan survei ini juga menjelaskan performa debat kedua cagub-cawagub Kalbar pada 5 Mei 2018. Pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul dalam tiga aspek.  Aspek tersebut yakni cara berkomunikasi 50 %, penguasaan masalah 63,4 %, dan program kerja 58,7 %.

Diikuti pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, 31,5 % untuk cara berkomunikasi, 20,4 % terkait penguasaan masalah, dan 19,6 % dalam konteks program kerja.

Sementara, pasangan Milton Crosby-Boyman Harun meraih 9,8 % terkait cara berkomunikasi, 4,3 % untuk penguasaan masalah, dan 8,7 % dalam konteks program kerja. 

Hendra  menjelaskan, temuan survei ini mengungkap penampilan (performa) terbaik dalam debat kedua cagub-cawagub Kalbar, pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul 60,2 %, diikuti pasangan Karolin Margret Natasa –Suryadman Gidot 28 %, dan Milton Crosby–Boyman Harun 7,5 %.

"Berdasarkan data elektabilitas dan peforma debat pada survei ini, maka pasangan Sutarmidji-Ria Norsan unggul dibanding dua pasangan lainnya yakni Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dan Milton Crosby-Boyman Harun," ungkap Hendra.

Survei diselenggarakan pada 25-30 Mei 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sample dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error (MoE) 2,89 % pada tingkat kepercayaan 95 %. Survei ini menjangkau 12 kabupaten dan dua kota di Kalbar.


(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA